Tips

Friday, March 16, 2012

The Colors Of India...

Dulu, saya suka bertanya-tanya kenapa orang-orang berpendapat bahwa India itu colorful. Ketika melihat iklan di TV atau foto-foto di majalah, saya pikir itu hanya manipulasi media belaka. Hari gini, dengan teknologi dan software yang canggih, banyak hal-hal biasa yang bisa disulap menjadi luar biasa!

Namun, saat menapakkan kaki di India, saya baru mengerti kenapa India bisa sangat tenar dijuluki sebagai negara yang sangat berwarna. Banyak hal-hal istimewa yang ditampilkan di India memang penuh warna dan menggelitik eksotisme. Sebut saja beberapa kota di India seperti Jodhpur yang dikenal dengan Blue City, karena seluruh bangunan kota di cat dengan warna biru! Begitu juga dengan Jaipur yang dikenal dengan Pink City. Kota ini tergambar dengan sangat manis dan romantis, karena kebanyakan bangunan di Jaipur juga di cat warna pink!


India yang sangat kental akan kehidupan religinya, dapat terlihat jelas dari lukisan-lukisan penuh warna cerah hasil karya penduduk setempat yang banyak memenuhi bagian luar dinding rumah maupun bangunan keagamaan. Lukisan-lukisan ini bukan sekedar coretan tanpa arti seperti yang banyak ditemukan pada dinding kosong di Jakarta. Namun lukisan-lukisan ini bergambar dewa-dewa agung yang digambar dengan sepenuh hati dan mangandung nilai keagamaan Hindu maupun pesan-pesan moral yang sangat kuat. Tidak jarang saya harus berhenti mengamati lukisan-lukisan tersebut karena terkesima akan kombinasi warna yang menarik dan tentunya hasil lukisan yang sangat detail dan artistik.

Warna-warni India juga dapat tertangkap dengan mudah saat berjalan-jalan ke pasar tradisional yang banyak menjual souvenir khas India. Menyusuri lorong-lorong kecil yang sesak dengan toko-toko sederhana terasa seperti tersesat dan tenggelam dalam lautan warna. Semua barang yang dijual mulai dari kain, baju, korden, scarf, perhiasan dan pernak-pernik lainnya semua penuh dengan warna-warni cemerlang yang menyegarkan mata. Kemeriahannya tak terkatakan, namun benar-benar dapat menghibur hati dan menggoda lensa kamera untuk mengabadikan kecantikan warna-warni ceria ini.

Yang benar-benar mencuri perhatian dalam keseharian saya di India adalah menikmati pesona warna sari yang dikenakan oleh perempuan-perempuan India setiap harinya. Warna-warna sari yang mereka pakai sangat terang dan menantang seperti merah, kuning, oranye maupun biru. Yang membuat sari ini terlihat begitu mencolok adalah karena perempuan India berani memadukan warna-warna kontras yang tidak senada dan bertabrakan dengan penuh percaya diri, apalagi ketika berbalut di kulit tubuh mereka yang gelap. BOMB!! Itulah indahnya India, aturan pemilihan warna dalam berpakaian tidak ada yang tabu di sana. Semua warna sari mempresentasikan India dengan sempurna sebagai negara yang sangat menghargai budaya dan penuh warna.

Hal lain yang membuat India berwarna adalah Holi Festival yang dirayakan dengan sangat meriah setiap tahunnya untuk menyambut musim semi. Beberapa hari sebelum festival di mulai, banyak sekali toko-toko yang menjual tepung beraneka warna dengan tampilan yang menarik sehingga menambah keindahan India. Perayaan ini ditandai dengan perang tepung berwarna-warni di setiap sudut kota. Setiap orang yang berpartisipasi dalam festival ini harus rela dan pasrah bermandikan tepung warna-warni meriah di seluruh tubuh karena dilempari tepung kering maupun tepung basah yang sudah dicampur air. Tepung berwarna-warni yang terhempas dan menguap di udara menambah keunikan warna India yang mencolok. Perayaan Holi Festival sendiri terlalu seru dan menyenangkan, membuat saya baru tersadar saat kembali ke hostel, seluruh wajah dan sekujur tubuh saya sudah berubah warna menjadi pink pekat!

Sore terakhir saya di India, saya berdiam diri di pinggiran kolam suci untuk menikmati senja. Saat matahari terbenam, langit berubah menjadi jingga dengan semburat putih yang sangat cantik. Aahh,saya tersadar, bahkan semesta pun mendukung untuk menyemarakkan keindahan India yang penuh warna! Melihat dan mengalaminya sendiri semua magnet keindahan India, saya tidak akan pernah menyangkal lagi semua keistimewaan yang dimiliki India. Walaupun dengan keterbatasan mereka akan kondisi negara yang kurang bersih dan jauh dari keteraturan, hal-hal itu tidak akan mampu menenggelamkan pesona India sebagai negara yang colorful.

Lanjut yuukk...

Wednesday, March 14, 2012

Bikin Passport Yuuk!

Passport itu dokumen yang paling penting yang harus dimiliki oleh orang-orang yang doyan jalan baik jalan-jalan untuk kesenangan diri sendiri ataupun jalan-jalan untuk tugas bisnis ke luar negeri. Tanpa passport, kita tidak diperkenankan untuk pergi ke luar negeri.

Bikin passport itu mudah kok! Yang susah itu adalah mempersiapkan mental untuk menjalani setiap prosedur yang ada. Prosedurnya sendiri sebenarnya sangat simple dan mudah, tapi mental penantian dalam menunggu antrian yang panjang dan ga manusiawi itu yang suka bikin banyak orang akhirnya menjatuhkan pilihan untuk menjalankan proses itu melalui calo. Padahal kalo dilihat dari perbedaan harganya aja sangat signifikan loh! Kalau bikin sendiri hanya perlu menghabiskan biaya 255 ribu saja, sedangkan calo bisa menghabiskan biaya di kisaran 450 – 650 ribu. Sayang duitnya kan? Perbedaannya bisa dipake untuk jalan dan jajan!

Sebenarnya dokumen apa aja yang dibutuhkan untuk mengurus passport?
1. Asli dan copy Passport lama (bagi yang sudah pernah memiliki passport)
2. Asli dan copy Kartu Keluarga
3. Asli dan copy Kartu Tanda Penduduk
4. Asli dan copy Surat Keterangan Kerja dari kantor
5. Asli dan copy Akte Kelahiran
6. Asli dan copy Akte Nikah (bagi yang sudah menikah)
7. Asli dan copy Surat Ganti Nama (bagi yang pernah mengganti nama)
8. Asli dan copy Ijazah (opsional)
9. Mengisi formulir pengajuan passport di kantor imigrasi atau melakukan aplikasi online melalui situs resmi Imigrasi Indonesia
10. Memasukkan semua dokumen tersebut di atas ke dalam sebuah amplop berwarna kuning yang hanya dapat dibeli di kantor imigrasi setempat seharga Rp. 5,000

Prosedurnya pembuatan passport gimana sih?
[Hari pertama] Semua dokumen dalam amplop yang disebutkan di atas diserahkan kepada petugas Imigrasi. Setelah melakukan pengecekan, petugas Imigrasi hanya akan mengambil copy dokumen-dokumen dan langsung mengembalikan yang asli. Sebaiknya datang pagi-pagi untuk mendapatkan nomor antrian pertama jadi ga harus menunggu terlalu lama di kantor imigrasi. Setelah menyerahkan dokumen tersebut, setiap orang akan diberikan surat tanda terima yang berisi tanggal untuk kembali melakukan pembayaran, wawancara, foto dan sidik jari yang biasanya memakan waktu 2 hari.
Untuk mempercepat proses pembuatan passport, sebaiknya melakukan pengisian aplikasi pengajuan passport secara online. Pendaftaran online menyertakan informasi jadwal pendaftaran dan foto yang tersedia di setiap Kantor Imigrasi yang dapat kamu pilih sendiri sesuai jadwal lowong kamu. Setiap orang yang melakukan aplikasi online mendapatkan kemudahan karena dapat melakukan pembayaran, wawancara, foto dan sidik jadi pada HARI YANG SAMA!
[Hari ketiga] Menyerahkan surat tanda terima ke loket yang sudah ditentukan, menunggu nama dipanggil untuk mendapatkan slip pembayaran. Setelah mendapatkan slip pembayaran, menuju kasir untuk melakukan pembayaran. Setelah urusan bayar-membayar selesai, menuju loket foto untuk mendapatkan nomor antrian foto, wawancara dan sidik jari. Setelah mendapatkan nomor antrian tersebut baru menunggu saatnya dipanggil.
Menurut saya, proses ini yang terasa sangat berat karena prosesnya yang panjanggggg, ribbeettt dan memaksa setiap orang untuk menunggu dalam waktu yang lamaaaaaaa. Jadi jangan lupa, saat melakukan proses perpanjangan passport, bawalah buku, majalah, hp, ipod, ipad dan segala macam hiburan yang ada untuk obat penangkal bosan.
Setelah proses pengambilan foto yang hasilnya tentu tidak memuaskan karena tampang kucel kelamaan nunggu antrian yang tampak jelas dari hasil foto passport yang ada, setiap orang diberi tanda terima untuk pengambilan passport yang biasanya memakan waktu 7 hari.
[Hari ketujuh] Menyerahkan surat tanda terima ke loket yang sudah ditentukan, menunggu nama dipanggil untuk mendapatkan passport kamu!! Woo-hooooo!!

Kalau sudah punya passport di tangan, silahkan wujudkan impian kalian untuk traveling menjelajahi dunia! Semoga informasi ini bermanfaat dan Happy traveling!

Lanjut yuukk...