Tips

Monday, November 12, 2012

Sebelum jalan-jalan, riset yuk!

Saya suka mesem-mesem kalo baca timeline Trinity di twitter waktu jawabin beberapa pertanyaan dari followersnya dengan nada ketus seperti “Google aja!” atau “Google Airways!” Kalo dipikir-pikir, gimana penulis seterkenal Trinity ga kesel ditanyain hal-hal dasar soal jalan-jalan seperti “Kalau ke Singapura nginep dimana kak?” atau “Maskapai penerbangan ke Bangkok apa aja sih kak?” Udah pada tahu kan kalo jawaban pertanyaan-pertanyaan itu sebenarnya bisa mudah didapet dari hasil riset di internet atau baca buku panduan?

Hidup di era teknologi canggih seperti sekarang ini, pastinya akses internet untuk banyak search engine itu mudah banget. Google, Yahoo dan Bing adalah beberapa search engine yang paling sering diakses untuk tujuan riset. Semua bisa mudah diakses lewat PC, Laptop, iPad, Note, Smartphone dan benda-benda berteknologi canggih lainnya.

Selain search engine, masih ada beberapa website penting lainnya yang bisa membantu kita mendapatkan informasi tambahan untuk melakukan persiapan perjalanan seperti:
1.Travel Search Engine: Wego, Kayak, Expedia
2.Penginapan: Agoda, Hostel World, Hostel Bookers
3.Objek wisata dan tips: Lonely Planet, Wikitravel, TripAdvisorTravelFish
4.Penukarang Mata Uang: EX
5.Maskapai penerbangan: Air Asia, JetStar, Tiger Airways, Cebu Pacific,Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Sriwijaya Air, Batavia Air, Mandala Air

Saya yakin masih banyak sekali website penting yang berhubungan dengan traveling berseliweran di internet yang bisa digunakan. Website-website di atas bisa digunakan sebagai referensi supaya makin banyak bahan bacaan untuk masukan dan tambahan informasi.

Terus kenapa masih males riset dengan semua kemudahan akses informasi yang ada? Kayaknya sih sebenarnya bukan males riset ya. Cuman bingung karena kurang tau kata kunci yang harus dipakai saat melakukan riset. Nahhh, buat bantu temen-temen yang belum terbiasa riset, berikut ini beberapa contoh kata kunci dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang bisa dipakai untuk membantu saat melakukan riset di search engine.

Kata kunci mencari penginapan:
Penginapan murah di Bali/Cheap accommodation in Singapore/Hostel-homestay in Australia/Accommodation below $10.

Kata kunci mencari tempat wisata:
Objek wisata terkenal di Lampung/Things to do and see in Cambodia/Famous places in Indonesia/Festival in Japan

Kata kunci akses transportasi:
Maskapai penerbangan ke Singapura/Cara ke Karimun Jawa/Cara ke Jogjakarta dari Bandung/How to get to Laos from Bangkok.

Kata kunci tentang situasi di sebuah kota atau negara:
What to know about Vietnam/How safe is India?/Do's and Don'ts in Lombok.

Kata kunci kuliner:
Makanan khas Solo/Oleh-oleh khas Medan/What to eat in Bangkok/Traditional food in Laos/Famous restaurant in Hong Kong/Unique restaurants in the world.

Percaya deh, hanya dengan riset kita bakal banyak dibekalin dengan informasi penting untuk persiapan jalan-jalan mulai dari transportasi, akomodasi, makanan bahkan sampai tahu segala issue keamanan negara tersebut! Kadang-kadang, informasi Do’s and Don’ts sebuat tempat juga ada supaya kita bisa bertingkah laku sesuai dengan budaya setempat.

Riset itu ga melulu hanya melalui internet. Riset perjalanan juga bisa didapat dari buku panduan jalan-jalan yang banyak dijual di toko buku. Selain itu, beberapa akun twitter juga menyediakan dan sering berbagi informasi mengenai tempat-tempat seru untuk liburan atau informasi penting lainnya seperti pembuatan paspor, visa dan lainnya.

Pengen tau ga pendapat beberapa teman saya di twitter mengenai pentingnya riset? Yuk, kita simak.

@meleoreo: Riset penting untuk estimasi budget yang akan kita keluarkan.
@quoide9: Riset penting biar ada bayangan di tempat baru seperti apa supaya ga kaget.
@AanIsmiyana: Riset penting buat referensi cost dan lain-lain.
@smasyitah: Riset penting biar ga nyasar, biar tau di sana ada apa dan mau ngapain, terus biar planning budgetnya jelas.
@mrHepi dan @ernayulip: Riset penting biar tahu apa yang perlu dipersiapkan untuk “perang”. Riset itu layaknya orang ke medan perang, bisa bantu isi kepala untuk mempersiapkan medan. Sampai tempat tujuan ga terlalu canggung.
@festysoebagyo dan @jackamizh: Riset dilakukan untuk bikin itinerary, biar tahu ancer-ancer tempat, budget dan waktu.
@TaniaSavana: Riset penting untuk cari tempat menarik, membantu estimasi dana, alokasi waktu dan oleh-oleh.
@kokohrocha: Riset penting buat second opinion terutama forum kayak TripAdvisor & Thorn Tree. Biar ga percaya promo mentah-mentah.
@azazafighting: Riset penting buat bertahan kalo ada apa-apa dan ga kaget di tengah jalan. Spontan emang lebih seru, namun punya persiapan bikin lebih mantap!
@ranselindo: Jadi tau cuaca, perlengkapan dan baju yang harus dibawa. Bahkan sampai tau aman atau tidak suatu tempat.

Nah gimana, kamu setuju ga dengan pendapat temen-temen di atas? Ternyata manfaat riset sebelum melakukan perjalanan banyak juga kan?

Kalo buat saya pribadi, riset sebelum jalan-jalan adalah hal yang paling saya nikmati. Pas liat pilihan objek wisata yang bakal dikunjungi apalagi foto-foto destinasi yang keren, perut saya bisa melintir saking senengnya! Rasanya kayak saya sudah ada di destinasi baru itu! Hati-hati loh, riset tentang destinasi perjalanan itu ternyata bikin ketagihan! Bahkan kadang-kadang hanya riset di internet atau membaca buku perjalanan, rasanya kita sudah jalan-jalan dan menikmati perjalanan di kota maupun negara yang pengen dikunjungin!

20 comments:

  1. riset itu penting banget nget tapi.....
    tetep harus siap2 mental for the unexpected things that could happen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget! Persiapan mental juga penting!

      Delete
  2. Ga ngebayangin jaman sebelom internet, gmn risetnya yak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca buku panduan semacem Lonely Planet atau informasi dari media cetak lainnya :D Beruntung banget yah udah tinggal di jaman teknologi canggih yang akses informasinya mudah :)

      Delete
  3. Sy waktu jalan ama istri juga cari2x info tempat lewat wikitravel.org. Infonya user friendly cukup lengkap dan sangat membantu (e.g. How to get in/around, visa requirements, Eat, Hotels, Dos, dll).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget! Website-website seperti itu emang bener-bener bisa bantu persiapan perjalanan :)

      Delete
  4. Kadang, riset jauh lebih heboh daripada jalan2nya sendiri :D belum apa2 udah terasa serunya, dan malah bikin tambah penasaran campur deg-degan menunggu hari H. Dengan banyak riset, kita bisa pilih-pilih kegiatan yang kita suka, nggak cuma ngikutin perjalanan 1-2 orang saja.

    Btw, baru tau situs forex EX, biasa ke oanda. Makasi sharingnya,Mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, iya emang riset jadinya suka lebih heboh dan seru dari jalan-jalannya, soalnya udah mupeng banget kali ya? :D

      Thanks mbak Astrid. Seneng tau kalo posting ini bermanfaat :)

      Delete
  5. kak, kalau mau ke Manila bisa naik pesawat apa aja? trus akomodasi murah dimana kak? Makacih yah kak.....

    #KABUR

    ReplyDelete
  6. sy jg pernah nanya model gitu, tp memang iseng aja spy di mention hehe

    ReplyDelete
  7. Bener bener, perlu banget riset kecil kecilan di dunia maya. dan mengikuti jejak para petualag terdahulu. Di jamin gak sperti JOOMBLO NYASAR

    ReplyDelete
  8. Hahahhahhaa gaplok ajah pakai sandal jepit biar melek google, hallohhhhhh gak idup dijaman batukan yah pada.

    Jalan2 kesini sekalian nagih donasi, yg banyak yah sayangggggggggggggg

    ReplyDelete
  9. ya, kadang lebih lama risetnya dari perjalanannya sendiri. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, iya bener! Risetnya bisa berbulan-bulan, padahal jalannya cuman seminggu :D

      Delete
  10. ditunggu postingan bermanfaat berikutnya kawan..

    ReplyDelete
  11. aku ke manapun pasti survey dulu seperti cuaca di sana kayak apa, transportasinya, klo mslh penginapan selama ini alhamdulillah slalu ada teman di negeri org yg bantu booking:)

    ReplyDelete
  12. Jangankan Mbak Trinity yg baca, followernya aja suka kesel kok klo baca pertanyaan gitu hahaha

    ReplyDelete
  13. Iya banget. Riset itu penting biar aman dan nyaman juga selama diperjalanan karena sudah melakukan antisipasi duluan.

    ReplyDelete