Tips

Wednesday, March 14, 2012

Bikin Passport Yuuk!

Passport itu dokumen yang paling penting yang harus dimiliki oleh orang-orang yang doyan jalan baik jalan-jalan untuk kesenangan diri sendiri ataupun jalan-jalan untuk tugas bisnis ke luar negeri. Tanpa passport, kita tidak diperkenankan untuk pergi ke luar negeri.

Bikin passport itu mudah kok! Yang susah itu adalah mempersiapkan mental untuk menjalani setiap prosedur yang ada. Prosedurnya sendiri sebenarnya sangat simple dan mudah, tapi mental penantian dalam menunggu antrian yang panjang dan ga manusiawi itu yang suka bikin banyak orang akhirnya menjatuhkan pilihan untuk menjalankan proses itu melalui calo. Padahal kalo dilihat dari perbedaan harganya aja sangat signifikan loh! Kalau bikin sendiri hanya perlu menghabiskan biaya 255 ribu saja, sedangkan calo bisa menghabiskan biaya di kisaran 450 – 650 ribu. Sayang duitnya kan? Perbedaannya bisa dipake untuk jalan dan jajan!

Sebenarnya dokumen apa aja yang dibutuhkan untuk mengurus passport?
1. Asli dan copy Passport lama (bagi yang sudah pernah memiliki passport)
2. Asli dan copy Kartu Keluarga
3. Asli dan copy Kartu Tanda Penduduk
4. Asli dan copy Surat Keterangan Kerja dari kantor
5. Asli dan copy Akte Kelahiran
6. Asli dan copy Akte Nikah (bagi yang sudah menikah)
7. Asli dan copy Surat Ganti Nama (bagi yang pernah mengganti nama)
8. Asli dan copy Ijazah (opsional)
9. Mengisi formulir pengajuan passport di kantor imigrasi atau melakukan aplikasi online melalui situs resmi Imigrasi Indonesia
10. Memasukkan semua dokumen tersebut di atas ke dalam sebuah amplop berwarna kuning yang hanya dapat dibeli di kantor imigrasi setempat seharga Rp. 5,000

Prosedurnya pembuatan passport gimana sih?
[Hari pertama] Semua dokumen dalam amplop yang disebutkan di atas diserahkan kepada petugas Imigrasi. Setelah melakukan pengecekan, petugas Imigrasi hanya akan mengambil copy dokumen-dokumen dan langsung mengembalikan yang asli. Sebaiknya datang pagi-pagi untuk mendapatkan nomor antrian pertama jadi ga harus menunggu terlalu lama di kantor imigrasi. Setelah menyerahkan dokumen tersebut, setiap orang akan diberikan surat tanda terima yang berisi tanggal untuk kembali melakukan pembayaran, wawancara, foto dan sidik jari yang biasanya memakan waktu 2 hari.
Untuk mempercepat proses pembuatan passport, sebaiknya melakukan pengisian aplikasi pengajuan passport secara online. Pendaftaran online menyertakan informasi jadwal pendaftaran dan foto yang tersedia di setiap Kantor Imigrasi yang dapat kamu pilih sendiri sesuai jadwal lowong kamu. Setiap orang yang melakukan aplikasi online mendapatkan kemudahan karena dapat melakukan pembayaran, wawancara, foto dan sidik jadi pada HARI YANG SAMA!
[Hari ketiga] Menyerahkan surat tanda terima ke loket yang sudah ditentukan, menunggu nama dipanggil untuk mendapatkan slip pembayaran. Setelah mendapatkan slip pembayaran, menuju kasir untuk melakukan pembayaran. Setelah urusan bayar-membayar selesai, menuju loket foto untuk mendapatkan nomor antrian foto, wawancara dan sidik jari. Setelah mendapatkan nomor antrian tersebut baru menunggu saatnya dipanggil.
Menurut saya, proses ini yang terasa sangat berat karena prosesnya yang panjanggggg, ribbeettt dan memaksa setiap orang untuk menunggu dalam waktu yang lamaaaaaaa. Jadi jangan lupa, saat melakukan proses perpanjangan passport, bawalah buku, majalah, hp, ipod, ipad dan segala macam hiburan yang ada untuk obat penangkal bosan.
Setelah proses pengambilan foto yang hasilnya tentu tidak memuaskan karena tampang kucel kelamaan nunggu antrian yang tampak jelas dari hasil foto passport yang ada, setiap orang diberi tanda terima untuk pengambilan passport yang biasanya memakan waktu 7 hari.
[Hari ketujuh] Menyerahkan surat tanda terima ke loket yang sudah ditentukan, menunggu nama dipanggil untuk mendapatkan passport kamu!! Woo-hooooo!!

Kalau sudah punya passport di tangan, silahkan wujudkan impian kalian untuk traveling menjelajahi dunia! Semoga informasi ini bermanfaat dan Happy traveling!

22 comments:

  1. Masih banyak lho yang pake calo meski sebenarnya bikin passport itu sudah sangat mudah. Gua cukup mengikuti langkah2 di atas, dan dalam waktu kurang dari seminggu, passport saya sudah jadi.

    ReplyDelete
  2. Mungkin pembukaan sejumlah kantor imigrasi untuk memperbanyak pusat pelayanan pembuatan paspor bs dipertimbangkan biar jumlah pengantri tidak terlalu menumpuk ya. Di Bekasi, baru dibuka Kanim III yg kantornya kecil sangat dan kewalahan melayani penduduk Bekasi yg berminat membuat paspor. Kanim terdekat dari sana cuma ada di Karawang dan Cipinang

    ReplyDelete
  3. harus pake yang asli? dibalikin gak tuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang asli hanya untuk ditunjukkan kepada petugas imigrasi saat penyerahan dokumen. Jadi langsung dikembalikan saat itu juga.

      Delete
  4. paspor lama otomatis dikembalikan atau mesti request ya kalau kita tetap mau keep paspor itu? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paspor lama otomatis dikembalikan untuk kenang-kenangan buat kita :)

      Delete
  5. kalo blm kerja, bisa bikin passport gak ya? thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentunya bisa. Anak bayi aja sekarang sudah diharuskan punya paspor loh :)

      Delete
  6. Sekarang masih banyak calo gak ya di kantor imigrasi.
    Sekarang kan Menkumham sudah ganti, kalo calo masih tetap banyak percuma saya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang sudah lebih banyak orang yang pengen buat paspor tanpa bantuan calo :) Jadi mudah-mudahan akan mengurangi jumlah calo di Kanim karena masyarakat sudah lebih sadar akan prosedur dan biayanya.

      Delete
  7. nanya dong.....
    saya KTP nya Medan. bisa ngga ya buat di jakarta?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, kan sekarang udah sistem online :)
      Saya juga bukan pemegang KTP Jakarta, tapi pengurusan Paspor di Jakarta ga ada masalah :)

      Delete
  8. Passport saya sudah mati tanggal 9 juli 2012 kemarin... kalau saya mau mulai lagi .. enaknya perpanjangan passport atau buat passport baru lagi? terus kalau perpanjangan passport itu passport numbernya bakalan sama atau pasti beda?
    Terima kasih atas infonya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Prosedur sekarang kalau perpanjangan tetep kayak prosedur pembuatan paspor baru. Kalau udah telat pengurusan, kayaknya baiknya segera diperpanjang deh, ntar diomelin kantor imigrasi :P
      Nomor paspor baru pasti beda :)

      Delete
  9. Kalau melalui online brp lama bisa didapatkan passportnya...

    ReplyDelete
  10. Infonya sangat berguna sekali, thx yah friend
    Sebab sy berencana mau bikin paspor tahun ini ... :)

    ReplyDelete
  11. Wah ane jadi nyesel ga dari dulu saja bikin paspornya sekarang sudah terlambat

    ReplyDelete
  12. sy dulu sekitar taon 2008 memperpanjang passport, yg lama diambil lho. Kalau skrg di ambil gak yach? atau peraturan kantor imigrasi tiap kota itu beda? soalnya utuh visa study di passport lama. thanks banget ya

    ReplyDelete
  13. kenapa saya tidak dikasih tanda terima ya untuk pengambilan paspor?

    ReplyDelete
  14. mengapa birokrasi di Indonesia sangat buruk ya???

    ReplyDelete