Tips

Friday, March 16, 2012

The Colors Of India...

Dulu, saya suka bertanya-tanya kenapa orang-orang berpendapat bahwa India itu colorful. Ketika melihat iklan di TV atau foto-foto di majalah, saya pikir itu hanya manipulasi media belaka. Hari gini, dengan teknologi dan software yang canggih, banyak hal-hal biasa yang bisa disulap menjadi luar biasa!

Namun, saat menapakkan kaki di India, saya baru mengerti kenapa India bisa sangat tenar dijuluki sebagai negara yang sangat berwarna. Banyak hal-hal istimewa yang ditampilkan di India memang penuh warna dan menggelitik eksotisme. Sebut saja beberapa kota di India seperti Jodhpur yang dikenal dengan Blue City, karena seluruh bangunan kota di cat dengan warna biru! Begitu juga dengan Jaipur yang dikenal dengan Pink City. Kota ini tergambar dengan sangat manis dan romantis, karena kebanyakan bangunan di Jaipur juga di cat warna pink!


India yang sangat kental akan kehidupan religinya, dapat terlihat jelas dari lukisan-lukisan penuh warna cerah hasil karya penduduk setempat yang banyak memenuhi bagian luar dinding rumah maupun bangunan keagamaan. Lukisan-lukisan ini bukan sekedar coretan tanpa arti seperti yang banyak ditemukan pada dinding kosong di Jakarta. Namun lukisan-lukisan ini bergambar dewa-dewa agung yang digambar dengan sepenuh hati dan mangandung nilai keagamaan Hindu maupun pesan-pesan moral yang sangat kuat. Tidak jarang saya harus berhenti mengamati lukisan-lukisan tersebut karena terkesima akan kombinasi warna yang menarik dan tentunya hasil lukisan yang sangat detail dan artistik.

Warna-warni India juga dapat tertangkap dengan mudah saat berjalan-jalan ke pasar tradisional yang banyak menjual souvenir khas India. Menyusuri lorong-lorong kecil yang sesak dengan toko-toko sederhana terasa seperti tersesat dan tenggelam dalam lautan warna. Semua barang yang dijual mulai dari kain, baju, korden, scarf, perhiasan dan pernak-pernik lainnya semua penuh dengan warna-warni cemerlang yang menyegarkan mata. Kemeriahannya tak terkatakan, namun benar-benar dapat menghibur hati dan menggoda lensa kamera untuk mengabadikan kecantikan warna-warni ceria ini.

Yang benar-benar mencuri perhatian dalam keseharian saya di India adalah menikmati pesona warna sari yang dikenakan oleh perempuan-perempuan India setiap harinya. Warna-warna sari yang mereka pakai sangat terang dan menantang seperti merah, kuning, oranye maupun biru. Yang membuat sari ini terlihat begitu mencolok adalah karena perempuan India berani memadukan warna-warna kontras yang tidak senada dan bertabrakan dengan penuh percaya diri, apalagi ketika berbalut di kulit tubuh mereka yang gelap. BOMB!! Itulah indahnya India, aturan pemilihan warna dalam berpakaian tidak ada yang tabu di sana. Semua warna sari mempresentasikan India dengan sempurna sebagai negara yang sangat menghargai budaya dan penuh warna.

Hal lain yang membuat India berwarna adalah Holi Festival yang dirayakan dengan sangat meriah setiap tahunnya untuk menyambut musim semi. Beberapa hari sebelum festival di mulai, banyak sekali toko-toko yang menjual tepung beraneka warna dengan tampilan yang menarik sehingga menambah keindahan India. Perayaan ini ditandai dengan perang tepung berwarna-warni di setiap sudut kota. Setiap orang yang berpartisipasi dalam festival ini harus rela dan pasrah bermandikan tepung warna-warni meriah di seluruh tubuh karena dilempari tepung kering maupun tepung basah yang sudah dicampur air. Tepung berwarna-warni yang terhempas dan menguap di udara menambah keunikan warna India yang mencolok. Perayaan Holi Festival sendiri terlalu seru dan menyenangkan, membuat saya baru tersadar saat kembali ke hostel, seluruh wajah dan sekujur tubuh saya sudah berubah warna menjadi pink pekat!

Sore terakhir saya di India, saya berdiam diri di pinggiran kolam suci untuk menikmati senja. Saat matahari terbenam, langit berubah menjadi jingga dengan semburat putih yang sangat cantik. Aahh,saya tersadar, bahkan semesta pun mendukung untuk menyemarakkan keindahan India yang penuh warna! Melihat dan mengalaminya sendiri semua magnet keindahan India, saya tidak akan pernah menyangkal lagi semua keistimewaan yang dimiliki India. Walaupun dengan keterbatasan mereka akan kondisi negara yang kurang bersih dan jauh dari keteraturan, hal-hal itu tidak akan mampu menenggelamkan pesona India sebagai negara yang colorful.

14 comments:

  1. Wahh seru sekali ya melihat warna-warni India, apalagi kota Jodphur dan Jaipur, sangat unik.

    Happy traveling! Tetap menulis.

    ReplyDelete
  2. Lama gak mampir ke mari... ternyata tambah moncer, bahkan dah berhasil nulis buku... Great jobs!

    ReplyDelete
  3. senang deh baca tulisan pengalaman mba Rini... aku dah baca bukunya, dan masih heran aja sama perjalanannya mba Rini... =) kalo sempat berkunjung ke blog aku ya mba.... =) makasih http://amadeapranastiti.blogspot.com/2012/04/makanan-korea-yang-pingin-wajib-dicoba.html

    ReplyDelete
  4. Hello Mba. Saya mau travel ke India, tapi ngga tau harus mulai dari mana. Kalau utk pesan tiket pesawat ke Delhi tapi ngga punya kartu kredit, saya harus mesan ke mana ya mba? Apalagi penerbangan langsung dari Indonesia ke India sendiri sudah ngga ada dan harus lewat KL.
    Mohon sarannya, Mba....
    Trims :)

    ReplyDelete
  5. mau ahh ke india (klo udh nabung cukup)...apa ada komunitas travelling cewe single ga sihh hehe..

    deetwilight.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. mbag cool.... bukunya sangatttttt yahud.....

    ReplyDelete
  7. Saya mau ke pesta penuh tepung warna warni itu.... pasti menarik :D

    ReplyDelete
  8. kunjungan gan .,.
    Menjaga kepercayaan orang lain lebih penting daripada membangunnya.,.
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

    ReplyDelete
  9. An Edwardian lady in full dress was a wonder to behold, and her preparations for viewing were awesome.Bridal silks

    ReplyDelete
  10. *melongo* *kagum* tulisan kamu ngebuka mata akan india yang kaya warna itu bagus banget mba. iya yah dibalik semua kesemrawutan ternyata masih banyak hal lain yang indah untuk dinikmati di india. jadi pen kesana samdey! hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Didoain, mudah-mudahan someday bisa kesana ya dear :)

      Delete
  11. Duh negeri impian saya neh, dan sebentar lagi akan kesampaian :) yuhuuuuuu bulan mei aye akan berangkat mbak. doain ye :)

    ReplyDelete
  12. bacanya nangiiiiiiissss :(( pengen ke india tapi masih 15 tahun :(( hehe makasih infonya

    ReplyDelete