Tips

Friday, January 6, 2012

Pesona Keajaiban Raja Ampat

Ketenaran RAJA AMPAT dalam beberapa tahun terakhir memang santer terdengar baik di Indonesia maupun dunia. Tak salah kalo wilayah laut ini jadi primadona destinasi perjalanan di Indonesia saat ini. Kebanyakan penyelam berburu untuk mengunjungi wilayah eksotik ini demi melihat kecantikan alam bawah laut Raja Ampat yang spektakuler. Tak kalah, para photographer handal juga berlomba-lomba mengabadikan keindahan gugusan pulau-pulau di Raja Ampat melalui lensa kamera mahal itu!

Setelah 3 tahun mimpi mengunjungi Raja Ampat tertunda, akhirnya Desember 2011 lalu saya bergabung dalam sebuah adventurous diving trip yang di pelopori oleh Trinity dan KK Duo Hippo Dinamis. Diving trip ini seru banget, karena kami menginap di kapal phinisi bernama Raja Ampat Explorer yang sudah dimodifikasi sedemikian cantik dan nyamannya untuk ditinggali. Kapal inilah yang membawa kami berlayar dan berkelana menikmati keindahan alam bawah laut Raja Ampat yang tersohor selama 7 hari.


Penampakan kapal Raja Ampat Explorer terlihat kecil. Tapi siapa yang nyangka kalau kapal ini punya fasilitas keren seperti tempat tidur yang nyaman lengkap dengan AC dan kamar mandi dalam. Ada ruangan khusus untuk tempat makan bersama yang komplit dengan TV dan DVD juga station khusus buat charge alat-alat elektronik. Makanan yang tersedia dijamin selalu enak dan mengenyangkan. Diving stationnya juga luas dan teratur yang memudahkan kami untuk melakukan persiapan diving. Tapi yang lebih penting lagi adalah para divemasters dan anak buah kapalnya lucu-lucu, asik-asik dan ganteng-ganteng!!

Aktifitas kami sepanjang hari di kapal kebanyakan diisi dengan makan, tidur, diving, berjemur, maen ke pantai dan foto-foto gokil! Besoknya.. masih sama, makan, tidur, diving, berjemur, maen ke pantai dan foto-foto gokil! Besoknya lagi.. masih sama juga, makan, tidur, diving, berjemur, maen ke pantai dan foto-foto gokil!

Satu hari kami trekking ke puncak Wayag untuk menikmati cantiknya Raja Ampat. Medan trekking yang cukup curam membuat betis kami mengencang, lutut kami gemetar dan napas kami ngos-ngosan! Namun perjuangan trekking yang cukup berat terbayar saat berada di puncak Wayag karena kami langsung disuguhi pemandangan gugusan pulau-pulau karang yang tertutupi dengan pepohonan hijau yang berpadu dengan air laut berwarna turquoise dan pasir putih. Selepas trekking kami tidak membuang kesempatan bermain di pantai berpasir putih yang menawan dan berenang di air laut berwarna kehijauan yang jernih.

Alam bawah laut Raja Ampat emang harus diacungi jempol karena kaya akan keragaman jenis ikannya. Kami ga pernah bosan dihibur oleh segala jenis ikan kecil berwarna-warni yang kebanyakan berseliweran secara berkelompok. Pemandangan dalam laut tampak selalu penuh dan berwarna akan kehadiran mereka. Belum lagi dalam beberapa dive kami menemukan Carpet Shark yang unik yang biasa disebut Wobegong Shark sedang asik tertidur. Terkadang mereka berkamuflase di pasir atau bersembunyi di bawah karang-karang yang membuat aktifitas berburu Wobegong Shark di dalam laut semakin menantang! Sensasi melihat 7 Manta rays berenang-renang di atas kepala kami juga membuat pengalaman dive di Raja Ampat sangat berkesan.

Salah satu dive spot yang menjadi favorit saya adalah Blue Magic. Dari namanya saja sudah bisa dipastikan dive spot ini menawarkan keajaiban yang tak terlupakan. Saat mulai menyelam, kami langsung disambut oleh Black tip shark yang sedang asik berenang tidak jauh dari pandangan kami. Rombongan fusilier fish dan beragam jenis reef fish lainnya ikut berpartisipasi menyemarakkan pemandangan bawah laut. Sembari menyusuri daerah terumbu, kami melihat ada satu Wobegong shark yang sedang tertidur nyenyak di bawah cabbage coral yang besar. Saat sedang melihat ikan-ikan kecil dan mahluk-mahluk laut lainnya, kehadiran puluhan trevally fish yang berkumpul membentuk sebuah pusaran menambah keindahan laut pagi itu. Belum habis kami terpikat dengan keindahan Blue Magic, kami dikejutkan dengan kedatangan Manta ray yang sedang berenang dengan indahnya bak seorang penari di sekeliling kami. Ugghh, kalau aja oksigen di tabung kami ga segera habis, kami pasti rela berlama-lama untuk melihat pemandangan indah ini.

Pesona keajaiban Raja Ampat baik di permukaan dan di bawah laut ga mudah digambarkan melalui kata-kata. Pantai berpasir putih yang lembut bukan tipuan belaka. Alam bawah lautnya benar-benar menyajikan kemeriahan warna-warni terumbu karang serta kecantikan segala jenis ikan kecil dan besar. Buat yang doyan jalan-jalan, suka menyelam dan gemar memotret, pastinya akan menjadi sebuah kebanggan tersendiri untuk bisa menyambangi Raja Ampat yang menjadi “hidden gem” negeri ini.


*Trip ini ga akan berkesan tanpa kegokilan kalian: Trinity, KK dari Duo Hippo Dinamis, Udin, Indra, Bintang, Ardi, Randy, Junichi, Ms. Complaint, Fanly, Hendra, Michel, Laki, Om Joni "Raja Potas", Krist, Jon, Achoo, Bli Made dan seluruh Raja Ampat Explorer lainnya!

10 comments:

  1. wah seru banget tuh tempatnya,.
    akhir minggu ini boleh juga jadi tempat liburan ama teman2

    ReplyDelete
  2. mulia menabung...mulai menabung...
    agar kesampain ke Raja Ampat...

    ReplyDelete
  3. fiuuwh... Makin termotivasi.....

    ReplyDelete
  4. wuiih ngiler nih.. keren bangeettt.. smoga bs kesana suatu saat nanti

    ReplyDelete
  5. aku ngitung2 sekitar 8 jutaan pasti diperlukan yah untuk ke Raja Ampat kalo dari JKT pp? betul gak sih?
    Penasaran..

    ReplyDelete
  6. Nice posting! and it was a great trip with you guys!

    ReplyDelete
  7. @API Aurline: Emang seru banget! Wajib untuk dikunjungi :)
    @Budiawan Hutasoit: Nabung nabung nabung yang banyak! Menabung duit ke Raja Ampat!! [dinyanyiin kayak lagu menananm jagung ya!]
    @Anonymous: Uhuyy!
    @Covalimawati: Aminn neng! Didoakan terwujud mimpinya!
    @Wiena Lie: Buat pesawat abisnya ga segitu banyak kok neng Wiena :)
    @Ms.Complaint: It was nice to have a trip with you too! Let's plan for another trip! Haha!

    ReplyDelete
  8. hadah, pengeen tp mahal banget yak..kantong mahasiswa ngga nutut :p

    ReplyDelete
  9. Dan gw cuma bisa memeras air mata, iri hati dan dengki membacanya, huaaaaaaam...pengen kesanaaaaaa. Bayarin dongggggggg

    ReplyDelete
  10. @Nabilla: Nanti kalo udah kerja mulai menabunggg ;)

    @Fai: Wakakaka, gw bayar buat sendiri aja jumpalitan! Apa kabar luuu?

    ReplyDelete