Tips

Sunday, January 15, 2012

Menabung demi Raja Ampat

Rasanya seperti kesamber petir saat mendengar nominal dana yang harus disiapkan untuk bergabung dalam sebuah adventurous diving trip ke Raja Ampat. Perut saya mendadak melintir dan kepala nyut-nyutan saat diberitahu bahwa harga paket diving belum termasuk dengan tiket pesawat. Saya cuman bisa melilit jari-jari tangan saya di ujung baju sambil berfikir keras mempertimbangkan keinginan untuk pergi ke Raja Ampat.

Mengingat dana yang akan dikeluarkan bukan dana becandaan, beberapa tahun yang lalu saya pernah menggagalkan keinginan untuk pergi ke Raja Ampat. Saya memilih untuk melakukan perjalanan ke 5 negara di Asia Tenggara. Herannya, dana yang saya habiskan dalam perjalanan di Asia Tenggara jauh lebih bersahabat daripada dana ke Raja Ampat. Hal ini yang menyebabkan bukan hanya saya saja, tapi banyak juga teman maupun kenalan akhirnya menggagalkan rencana mengunjungi Raja Ampat karena lebih memilih untuk melancong ke luar negeri.

Diving trip yang akan saya lakukan bersama dengan teman-teman adalah paket Live Aboard (LOB), jadi setiap peserta dalam group diharuskan untuk membayar uang muka 9 bulan sebelum jadwal perjalanan sebagai bentuk komitmen apakah kami semua bener-bener serius pengen diving di Raja Ampat!! Kebayang ga sih, udah bayar mahal, tapi komitmen masih juga dipertanyakan? Akhirnya saya tau kenapa dibutuhkan komitmen yang besar dan pembayaran tepat waktu untuk ikut LOB diving trip. Hal ini karena jadwal kapal yang penuh sepanjang tahun membuat banyak penyelam berlomba-lomba untuk mendapatkan slot di kapal dan jadwal diving. Bahkan tidak sedikit yang harus menunggu sampai 2 tahun untuk ke Raja Ampat! Saya dan teman-teman beruntung karena hanya menunggu selama 9 bulan.

Dengan tekad sebesar baja, walaupun dengan keadaan finansial yang sedang terseok-seok, saya berusaha menyisihkan uang setiap bulannya demi pergi ke Raja Ampat. Kampanye “Perencanaan Keuangan” ala Ligwina Hananto seketika luluh lantak dan saya mulai menyisihkan uang dengan menutup mata saat ada Zara sale, bolos nonton konser penyanyi-penyanyi terkenal, dana kongkow dan ajrut-ajrutan dikurangi secara signifikan untuk melunasi cicilan di bank. Saya rela melakukan apa saja asal bisa ke Raja Ampat!

Setelah pembayaran uang muka dilakukan, yang menguntungkan adalah pembayaran selanjutnya menggunakan sistem cicilan yang harus diselesaikan 3 bulan sebelum perjalanan dilakukan. Percaya ga percaya, saya mengambil inisiatif untuk meminta pinjaman jangka pendek selama 6 bulan dengan bunga 0% dari bank untuk mendanai perjalanan ini. Tentunya ini banyak memberikan dorongan dan paksaan untuk saya segera menyelesaikan pembayaran. Yang lebih menyenangkan adalah semua pengeluaran utama perjalanan ini sudah saya selesaikan bahkan sebelum perjalanan dilakukan! *kipas-kipas

Penasaran berapa besar kira-kira dana yang dibutuhkan untuk mengikuti LOB Diving Trip di Raja Ampat? Paket LOB lengkap akan menghabiskan dana minimal 12 juta. Tiket pesawat PP Jakarta – Sorong sekitar 3 – 4.5 juta. Bagi yang tidak memiliki perlengkapan diving, tambahan biaya sewanya kurang lebih 90 ribu/hari. Dana hura-hura saat merapat di Sorong juga harus diperhitungkan. Silakan dihitung estimasi total perjalanan ini ya! *Kalkukaltor ilang, balada orang ga pinter matematika*

Seneng banget pada akhirnya semua jerih payah menabung membawa keberhasilan sehingga saya bisa menyambangi Raja Ampat dan mencicipi keindahan alam bawah lautnya. Mau pergi ke tempat bagus emang butuh perjuangan. Terus terang saya ga menyesal sama sekali menghabiskan uang banyak untuk diving di Raja Ampat. Karena saya ga hanya punya pengalaman diving yang seru di negeri sendiri, tapi dapat kesempatan untuk menjalin pertemanan dengan beberapa teman baru. Inti perjalanan ini seperti orang bule biasa bilang “The trip was worth it!!”

Jadi, hayuk mulai nabung dari sekarang buat yang pengen ke Raja Ampat. Atau, carilah cara kreatif untuk mendanai perjalanan kamu! Good luck!

10 comments:

  1. kamu ikut pergi ke raja ampat sama Indra & Bintang kah? soalnya sepertinya liat foto dirimu di FB Indra deh... heheee...

    ReplyDelete
  2. Yups! Mereka ikutan rombongan kita last minute banget. Kebetulan ada 2 slot kosong. Raja Ampat makin seru karena ada mereka berdua :)

    ReplyDelete
  3. Dan kembali hanya bisa mengelus dada. Perlu beberapa klien yg mesen kebaya pengantin sepertinya biar punya duit untuk keraja ampat.

    ReplyDelete
  4. aduh kepingin ke Rj4, selain mahal tapi enaknya emg bisa diving yaaa..smntara saya ga bisaaa...suka panic attack underwater :(

    Salam kenal ya mbak.. tukeran link boleh ya

    ReplyDelete
  5. waaahh...berarti kalo raja ampat emang bukan untuk ukuran sakunya mahasiswa ya kak? hikshiks
    oh ya, apa kalo diving itu kita harus punya lisensi dulu?
    thanks kakak atas infonya...:))

    ReplyDelete
  6. heheheh cuma bisa liat foto2nya dulu sama baca2... emang nyebelin fakta jalan2 di negara sendiri lebih mahal dari pada jalan keluar negri haduuhhh.... sedih....


    http://backpacker-girls.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. hai "rini": 'suatu saat nanti aku akan tiba disana,aku ingin diving,menyelam menikmati keindahan surga bawah laut Raja Ampat-papua Barat dan mencicipi berendam di mata air soda yang rasanya menggigit di kulit seperti kamu bilang. dan aku tak segan-segan buat cobain Sky Diving di New Zealand. salam keikhlasan..Rikardo satria

    ReplyDelete
  8. kunjungan gan .,.
    Menjaga kepercayaan orang lain lebih penting daripada membangunnya.,.
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

    ReplyDelete
  9. BERLAKU UNTUK KREDIT ANDA

    Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita? Apakah Anda stres keuangan? Anda perlu uang untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda memiliki pendapatan rendah dan sulit untuk mendapatkan pinjaman dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya? Jawabannya ada di sini, MichelleN Haward Kantor Pinjaman adalah jawaban untuk menawarkan semua jenis pinjaman kepada masyarakat atau siapa pun di Nees bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman sebesar 2% suku bunga untuk individu, perusahaan dan perusahaan di bawah kondisi yang jelas dan mudah. hubungi kami hari ini via e-mail di michellenhawardloans@gmail.com

    Catatan: Semua pemohon harus di atas 18 tahun

    ReplyDelete