Tips

Thursday, September 1, 2011

Nikmatnya Mandi Air Soda

“Aku lagi di Tarutung, mandi air soda!! Asik banget! Dadah..” Tiba-tiba hubungan telepon saya dengan Friska, teman kantor saya putus begitu saja. Meninggalkan saya sendiri dengan rasa penasaran. “Air soda? Beneran ga sih?” saya membatin serasa tidak percaya.

Rasa penasaran saya akhirnya terbayarkan, di hari saya mengunjungi pemandian air soda yang berlokasi di Desa Parbubu, Tarutung, Sumatera Utara. Bentuk kolam pemandiannya sangat sederhana dan tidak dikenakan biaya masuk karena tempat tersebut memang merupakan kolam pemandian umum bagi penduduk sekitar. Jadi jangan kaget kalau di satu sudut kolam terlihat beberapa orang yang asik bersabun atau mencuci rambut mereka. Setelah itu dengan santainya nyebur ke kolam untuk membersihkan diri.

Eeeww, pasti kalian berfikir kalau air kolam kotor, jorok dan penuh kuman. Faktanya berbanding terbalik, air yang ada di kolam tersebut sangat bersih dan jernih. Hal ini terjadi karena air selalu keluar dari sumber mata air yang berada di dasar kolam dan otomatis mengalir keluar kolam membawa semua kotoran dan kuman secara natural. Uniknya lagi, karena posisi kolam berada di pinggiran sawah, air yang keluar dari kolam digunakan untuk mengairi sawah di sekitar daerah itu.

Kolam pemandian air panas dengan mudah bisa ditemukan di berbagai tempat di Indonesia, terutama di daerah pegunungan. Tapi kolam pemandian air soda merupakan kejadian alam yang istimewa yang jarang bisa ditemukan di Indonesia, bahkan dunia. Pengen tau gimana rasanya berenang dan berendam di air soda? Rasanya seperti berendam dalam jutaan gallon sprite panas! Menggigit-menggigit gimana gitu! Mantap banget deh!

Serunya lagi, saya bisa menyelam untuk melihat keadaan dasar kolam yang banyak terdapat bebatuan sulfur berwarna oranye. Bebatuan inilah yang menjadi sumber mata air soda yang keluar berupa air dan gelembung-gelembung udara kecil. Gelembung udara inilah yang memberikan efek soda di dalam kolam saat menyentuh kulit saya.

Kolam pemandian yang berlokasi di sudut persawahan memberikan saya kesempatan untuk memanjakan diri di dalam air soda yang panas dan menikmati pemandangan hamparan sawah yang hijau beserta para petani yang sedang sibuk bekerja saat itu. Perbukitan hijau juga menambah cantiknya pemandangan alam Indonesia.

Pengalaman ini tentunya merupakan salah satu pengalaman traveling yang tidak akan saya lupakan dan mengingatkan saya kembali bahwa Indonesia tidak kalah unik dan cantik dibanding negara-negara lain.

Lanjut yuukk...