Tips

Thursday, August 25, 2011

Cewe Solo Traveling? Siapa Takut!

Cewe cenderung selalu banyak pertimbangan dan kekuatiran saat memutuskan untuk traveling, apalagi traveling sendirian, atau yang lebih dikenal dengan sebutan solo traveling. Sebenarnya bukan hanya kita sih yang kuatir. Teman bahkan keluarga besar pun biasanya ikut kuatir. Apalagi yang punya pacar! Jadi makin rempong cyinn! Akibat kekuatiran mereka, ga jarang beberapa teman cewe saya harus membatalkan rencana dan mimpi solo travel mereka.


Beberapa tahun belakangan ini saya memang sering melakukan solo traveling. Sama seperti yang lain, awalnya saya juga sempet gugup dan resah. Pengalaman tinggal dan bekerja di negara orang beberapa tahun pun ga sanggup menenangkan kegugupan saya untuk solo traveling. Bahkan, satu malam sebelum keberangkatan saya dalam sebuah perjalanan panjang, saya hampir menyerah dan sempat terlintas untuk membatalkan perjalanan. Tapi, kalau mengingat uang yang sudah saya investasikan dalam bentuk tiket dan banyaknya waktu yang terbuang untuk melakukan research di internet dan membaca beberapa buku panduan, saya ga rela membiarkan mimpi itu terhalang oleh kekuatiran saya!!

Akhirnya, saya memutuskan untuk nekat. Karena kalau saya ga pernah mencoba, saya ga akan pernah tau bagaimana sensasi melakukan solo traveling, kan? Saya juga ga akan punya pengalaman yang bisa saya bagikan dengan teman-teman, kan?

Biasanya, setelah melakukan perjalanan, banyak pertanyaan-pertanyaan pengulangan terlontar dari teman-teman yang penasaran seperti apa sih rasanya melakukan solo traveling.

“GA TAKUT TRAVELING SENDIRIAN?”
Takut adalah satu rasa yang ga akan pernah bisa dihindari. Takut dan excited biasanya adalah kombinasi perasaan terkuat yang dirasakan banyak orang, apalagi saat akan melakukan sebuah perjalanan. “Duh, gimana ya kalo nanti tersesat?" "Duh, gimana ya nanti kalo ada yang gangguin saya?" "Duh, gimana ya kalau kehabisan duit?" Semua pertanyaan kekuatiran itu mendadak muncul. Tapi pada saat yang sama perasaan juga bercampur aduk dengan kegembiraan. “Asyik, saya mau lihat Angkor Wat di Kamboja!” “Asyik saya mau main di Disneyland Hong Kong! Asyik, saya mau trekking ke Rinjani! Asyik, saya mau diving di Raja Ampat!

Kalau perasaan takut itu selalu menjadi penghalang buat saya untuk solo traveling, saya ga akan pernah punya keberanian untuk menjelajah misteri dunia ini. Salah satu pelajaran terpenting dari traveling buat saya pribadi adalah mengajarkan saya untuk keluar dari comfort zone. Karena kemauan untuk keluar dari comfort zone, saya makin banyak mengenali potensi diri karena banyak hal yang saya bisa lakukan yang dulunya ga pernah saya pikirkan. Ingat saja, sepanjang kita melakukan perjalanan dengan menggunakan common sense, perjalanan akan terasa lebih menyenangkan dan aman.

“GA BOSEN SENDIRIAN?”
Saya pikir saya akan cengok sendirian saat perjalanan. Saya pikir saya akan nelangsa sendirian saat duduk di bus saat melakukan perjalanan. Saya pikir saya akan mengunjungi tempat-tempat wisata sendirian saat solo traveling. Ternyata saya salah! Sepanjang perjalanan saya ga pernah sendirian, karena banyak teman baru yang saya temui di jalan. Awalnya hanya saling lempar senyum, lalu berlanjut jadi temen ngobrol, lalu berlanjut jadi teman makan. Tanpa saya sadari, tiba-tiba saya sudah duduk dengan mereka di satu kereta menuju Nong Khai, untuk menjelajah Laos bersama. Cewe memang diberkahi kelebihan untuk berinteraksi lebih luwes dengan orang lain dibandingkan cowo. Jadi pergunakan kemampuan ini semaksimal mungkin saat solo travel. Sebaiknya jangan terlalu flirty, karena temen cewe bakalan sebel sama kamu dan temen cowo bakalan menganggap kamu rendah. So, be wise with your attitude girls!

“AMAN GA SIH NEGARA INI UNTUK CEWE?”
Percaya ga percaya, pertanyaan ini adalah pertanyaan yang paling sering ditanya oleh kaum hawa. Menurut saya, satu negara dinyatakan aman saat negara itu sedang tidak dalam status perang, sedang tidak punya konflik politik dan tidak sedang mengalami bencana alam. Namun satu hal yang paling penting lagi adalah negara yang akan dituju sedang tidak masuk dalam list Travel Warning. Jadi, ga usah traveling capek-capek ke Sudan atau Irak ya cyin, kecuali kamu sedang dalam misi perdamanian PBB.

Tips aman buat cewe kalo sedang traveling adalah percaya insting kamu. Kalau sudah merasa tidak aman dan nyaman dalam satu situasi, jangan malu untuk berteriak minta tolong atau lari. Kalau sudah dalam keadaan yang sangat berbahaya, berusahalah melawan karena kemungkinan besar saat itu hidup kamu sedang dipertaruhkan! Hindari berjalan sendiri di tempat-tempat yang sepi dan gelap. Pepper spray atau pisau lipat juga dapat sangat membantu dalam keadaan genting. Selain itu, jangan jadi pusat perhatian. Dandanan konservatif aja yah! Ga perlu pakai hot pants, high heel 7 senti dan kaca mata gede saat traveling di Aceh. Save it for hanging out with your girl friends at Plaza Indonesia.

“APA AJA YANG PERLU DIBAWA?”
“He who would travel happily must travel light.” – Antoine de St. Exupery. Jadi, ga perlu mindahin isi lemari kamu ke dalam tas. Cewe emang suka rempong sih kalo packing. Semua pengen dibawa. Tapi inget, kalo mau perjalanan kamu nyaman, bawalah baju secukupnya karena fasilitas laundry dengan harga terjangkau selalu tersedia. Kalau mau cuci sendiri juga bisa. Buat Miss Matching, bawa baju dan alas kaki dengan pilihan warna dasar. Biar nyaman, sebaiknya membawa flat shoes. Bawaan saya saat traveling ga pernah lebih dari 7 kilogram karena saya ga mau keberatan dan kerepotan bawa backpack berat sambil wara-wiri di jalan.

Satu hal ini sering terlupakan, tapi penting. Cek tanggal datang bulan kamu sebelum traveling. Jangan lupa selalu selipkan beberapa pembalut di tas, supaya saat darurat datang kamu sudah memiliki persediaan. Persediaan selanjutnya, dengan mudah kamu bisa membeli di convenience store terdekat.

“APA YANG PERLU DIPERSIAPKAN SEBELUM BERANGKAT?”
Saya anjurkan untuk melakukan reservasi kamar terlebih dahulu untuk hari pertama saat sampai di tempat tujuan. Hal ini untuk menghindari keribetan saat sampai di tempat baru. Kadang-kadang terlalu banyak adjustment yang harus dibuat dalam waktu singkat saat kita sampai di tempat tujuan, bisa bikin panik. Jadi kalau kamu sudah punya reservasi, setidaknya saat sampai di bandara kamu hanya perlu mencari transportasi untuk menuju tempat tersebut.

Tukar uang dalam bentuk USD jika kamu akan melakukan perjalanan ke luar negeri. Jika nilai tukar uang negara yang dituju tidak terlalu buruk, sebaiknya tukarkan sedikit IDR dengan mata uang tersebut dengan perkiraan uang transportasi dari airport ke tempat penginapan dan satu kali makan. Selanjutnya, kamu bisa menukar USD ke mata uang lokal.

Jangan lupa untuk selalu menyediakan 1 copy paspor kamu di dalam tas. Yang sudah canggih biasanya memindai paspor mereka dan disimpan dalam bentuk soft copy di email sehingga dapat diakses kapan saja saat dibutuhkan. Just in case, passport kamu hilang saat traveling, kamu bisa langsung mendatangi KBRI terdekat agar dapat dibantu. Duh, tapi mudah-mudahan itu tidak terjadi ya!

Ini yang paling penting, siapkan mental kamu untuk melakukan solo traveling. BE BRAVE. There’s a big world out there waiting for you to be explored.. Have fun girls!

Lanjut yuukk...

Thursday, August 11, 2011

Kalau Mau Travel..

#Tips dasar bagi para independent travelers. Layak disimak..

Kalau mau travel harus punya PASSPORT apalagi kalau mau jalan-jalan ke luar negeri. Walaupun ngurusnya penuh perjuangan karena antriannya ga manusiawi, tapi dokumen ini sangat penting untuk mewujudkan mimpi kamu melihat dunia.

Kalau mau travel harus punya UANG yang cukup untuk jalan-jalan. Ga penting ngumpulin duit sampe punya satu karung, yang penting sesuai dengan kebutuhan aja. Kalo budget cuman cukup buat backpacking doang, ya hayuk aja!

Kalau mau travel harus MAU RESEARCH. Sekarang HP canggih semua, model laptop pun beragam mulai dari yang beratnya 10 kg sampe yang cuman 5 gram dan akses wi-fi ada dimana-mana. Buku panduan traveling juga sudah banyak tersedia di toko buku dan harganya sangat terjangkau. Ga ada deh alasannya ga bisa buka internet ato males research kalo mau jalan-jalan. Itu hukumnya HARAM. Informasi Visa, tempat tinggal, transportasi dan banyak hal lain bisa diketahui kalau kita mau research.

Kalau mau travel harus punya KEBERANIAN UNTUK KELUAR DARI COMFORT ZONE karena fear get you nowhere! Jadi kalo mo jalan-jalan, harus punya nyali dan keberanian untuk explore the world.

Kalau mau travel harus punya KEMAUAN UNTUK BERTANYA karena malu bertanya sesat di jalan!!

Kalau mau travel harus TRUST YOUR INSTINCT. Kalo pikiran dan tubuh mulai bereaksi dengan penuh kecurigaan akan kemungkinan bahaya atau musibah, ambil waktu untuk berdiam diri dan pelajari lingkungan sekitar. Kalau emang harus kembali ke tempat kita berada sebelumnya, DO IT! Kalau rasanya harus segera melarikan diri dari kondisi yang tidak aman, DO IT!

Kalau mau travel harus berani SUSAH. Ngemper-ngemper semaleman di airport ga papa lah, demi pengiritan budget. Naek bus sebagai ganti naek pesawat bolehlah, itung-itung perjalanan lebih diwarnai dengan petualangan kan/

Kalau mau travel, pelajari dan HORMATI BUDAYA SETEMPAT. Jangan sampe hal-hal yang menurut komunitas setempat taboo atau sakral terus kita langgar. Kalau akibatnya kita diarak satu kampung karena melanggar budaya setempat, pasti malunya minta ampun!

Kalau mau travel harus punya TOLERANSI TINGGI. Kalo jadi backpacker dan tinggal di hostel yang menampung 14 orang dalam satu kamar, toleransi tinggi itu penting. Masak dikit-dikit mau ngambek kalo ada temen sekamar yang lupa matiin lampu pas keluar kamar? Masak mau bekep orang yang ngoroknya kenceng banget di tempat tidur sebelah sampe dia matek? Enggak kan?

Kalau mau travel harus NEKAT. Nekat nabung. Nekat beli tiket. Nekat pergi ke tempat yang asing buat kamu. Nekat makan makanan yang ga biasanya kamu makan. Nekat ketemu orang-orang baru yang ga pernah kamu kenal sebelumnya. Nekat belajar hal baru. Nekat melakukan banyak hal yang ga pernah dibayangin sebelumnya. Dan list kenekatan pun akan terus bertambah saat kalian mulai melakukan perjalanan.

Jadi, siapkan diri kamu untuk mulai berpetualang yah! Semoga tips-nya bermanfaat!

Lanjut yuukk...