Tips

Sunday, July 24, 2011

The Rock Islands of Palau!

Pasti kebanyakan kamu ga mengira bahwa ada sebuah negara bernama Palau di muka bumi ini. Memang sih Palau tidak terkenal dibandingkan negara kepulauan lain seperti Maldives, Tahiti ataupun Fiji. Tapi, Palau merupakan tempat tujuan wisata yang sangat indah dan patut dikunjungi buat kamu-kamu pencinta laut dan pantai. Kebanyakan turis yang mengunjungi Palau adalah para penyelam karena tempat ini adalah Diving Paradise for Diving Freaks!

Terletak 800 kilometer dari arah timur Filipina, Palau dikenal sebagai salah satu pulau terindah yang termasuk dalam Kepulauan Micronesia. Sekilas sejarah mengenai Palau yang perlu kamu ketahui adalah Palau merupakan negara asuhan Jepang. Pada tahun 1914 Jepang “membeli” Palau dari Jerman dan menguasai negara ini hingga masa Perang Dunia II. Pada tahun 1944 Amerika Serikat merebut Palau dari Jepang dan menjadikan negara ini sebagai salah satu wilayah perwakilan Amerika Serikat di Samudera Pasifik. Jadi, mata uang yang dipakai di Palau sampai saat ini adalah Dollar Amerika dan Struktur Kepemerintahan yang dipakai juga sama seperti Amerika Serikat. Pada tahun 1994 atas kebaikan hati Amerika Serikat maka Palau mendapatkan kemerdekaan secara penuh.


Nenek moyang Palau dipercaya berasal dari Indonesia. Jadi, kalau kamu berada di Palau dan memberitahukan penduduk lokal disana bahwa kamu orang Indonesia, mereka akan sangat senang dan menghargai kamu.

Jadi jadi jadi.. sebenarnya apa sih Rock Islands itu?

ROCK ISLANDS
Turis yang datang ke Palau selalu ingin mengunjungi Rock Islands. Sesuai dengan namanya, Rock Islands memiliki banyak sekali batu karang yang sangat besar dengan bentuk menyerupai pulau-pulau kecil bertebaran di Samudera Pasifik. Di atas bebatuan karang ini biasanya terdapat tumbuh-tumbuhan, sehingga dari kejauhan pulau-pulau ini malah terlihat seperti jamur yang bertebaran di tengah laut! Kebanyakan bebatuan ini berukuran kecil, tapi ada juga yang berukuran besar bahkan sampai punya pantai untuk berleha-leha maupun gua-gua kecil untuk dieksplorasi.

ISLANDS HOPING
Mengunjungi pantai untuk bersantai ria sambil beristirahat dan menikmati makan siang merupakan aktifitas yang sangat menyenangkan. Apalagi kalau kamu sudah berada di atas hammock, disertai dengan angin sepoi-sepoi. Dijamin kamu bisa tidur pulas! Selain untuk beristirahat, banyak turis yang menyempatkan waktu mereka untuk snorkeling dan memberikan makan ikan-ikan hias di sekitar pantai. Ada beberapa pantai di Rock Islands yang menjadi objek wisata utama Palau seperti Ngermeaus Island, Fantasy Island, Ngemelis Island dan Ulong Island. Pantai-pantai ini begitu indah dengan airnya yang berwarna biru, pasir putih yang lembut, pepohonan nyiur melambai dan udara yang sangat segar. Biasanya, pantai-pantai ini banyak dikunjungi untuk istirahat melepas lelah, namun tidak sedikit juga turis dan penduduk lokal menghabiskan akhir pekan dengan berkemah di pantai.

SNORKELING
Yang menjadi daya tarik utama Rock Islands sebenarnya bukanlah pulau-pulau tersebut, namun pemandangan alam bawah lautnya yang fantastis. Kamu tidak perlu diving untuk menikmati indahnya alam bawah laut tersebut, karena dengan snorkeling saja kamu sudah bisa menikmati indahnya berbagai jenis terumbu karang dan ikan-ikan hias yang beraneka ragam penuh warna karena air laut Palau sangat bersih dan jernih. Kalau kamu sedang beruntung, dengan snorkeling saja kamu bahkan bisa melihat dari kejauhan ikan hiu ataupun penyu laut! Spektakuler enggak sih?

DIVING
Kalo snorkeling saja hebohnya sudah begitu, bagaimana dengan diving? Most Wanted Diving Spot in Palau bernama Blue Corner. Jika cuaca sedang cerah, dalam sehari bisa terhitung lebih dari 50 penyelam menyelam di tempat ini. Kamu pasti penasaran kenapa sih Blue Corner begitu terkenal? Jawabannya adalah jika kamu menyelam ditempat ini, kamu akan melakukan upacara uji nyali karena kamu akan menyelam di dalam arus yang sangat kencang sembari melihat sekumpulan ikan hiu berjumlah 10-20 buah yang berseliweran di depan mata kamu. Iiih, pasti serem! Jangan salah, hiu-hiu ini sudah terbiasa dengan kehadiran para penyelam sehingga mereka enggak akan menyerang kamu. Jarang-jarang lho kamu bisa mendapatkan pengalaman diving bersama hiu-hiu yang bersahabat.

Tidak puas melihat ikan hiu dan ingin melihat jenis ikan yang lain, kamu bisa menyelam di German Channel. Konon, channel ini dibuat oleh orang Jerman untuk memudahkan perjalanan speedboat agar tidak tersangkut oleh terumbu karang yang besarnya segede-gede rumah! Yang bisa kamu temukan pada saat diving di German Channel adalah Manta Ray dan Spotted Eagle Ray yang selalu berenang dengan anggun. Selain itu banyak juga Sting Ray yang senang berkamuflase di dalam pasir. Tidak hanya Blue Corner dan German Channel, diving spots lain yang wajib dikunjungi adalah Blue Hole, Siaes Tunnel, Turtle Cove dan New Drop-Off. Di tempat-tempat ini dengan mudahnya kamu akan menemukan beranekaragam terumbu karang, anemone (rumahnya Nemo), clownfish (nama asli Nemo), rombongan Barracuda dan Blue Trevally , Napoleon wrasse, Giant Clamps (Tiram Raksasa) dan penyu laut! Dijamin kamu enggak akan menyesal diving disini karena pemandangannya keren abis!

Sebagai referensi, tidak banyak pilihan maskapai penerbangan yang dapat kamu andalkan untuk terbang ke Palau. Philiipines Airlines, Cebu Pacific ataupun Air Asia adalah pilihan maskapai penerbangan untuk terbang dari Jakarta – Manila. Sedangkan dari Manila, hanya ada satu pilihan penerbangan, yaitu Continental Airlines. Tidak diperlukan Visa untuk bertandang ke Palau. Jadi, kamu tidak perlu pusing dan repot lagi untuk mengurus Visa. Setiba di Palau, kamu sudah bisa langsung menghubungi tour agent yang ada di Palau seperti Sam’s Tour, Neco Marina, Fish and Fins dan Jive untuk merencanakan jalan-jalan seru kamu ke Rock Islands.

Things to bring yang tidak boleh dilupakan adalah bathing suit, sunglasses, sunscreen, topi dan handuk! Dengan barang-barang itu saja, dijamin kamu bisa survive dan enjoy your stay in Palau. Jadi, tunggu apa lagi??

*Artikel ini pernah dipublikasikan oleh backpackerindonesia.com

Lanjut yuukk...