Tips

Wednesday, December 14, 2011

Serba-serbi traveling..

Traveling, menurut kacamata saya sebagai pemula dalam dunia traveling berpendapat kalo traveling ga bisa dipandang hanya dari satu sudut dan sisi saja. Gimana juga hanya bisa dipandang dari satu sudut? Wong hal yang berkaitan dengan traveling ini banyak kok. Kayaknya asik nih ngebicarain serba-serbi traveling. Sebenarnya, apa aja sih yang hinggap dipikiran kita saat mikirin traveling?

1. Tempat tujuan
Yay!! Mikirin tempat tujuan emang hal yang paling seru dan asik saat ide traveling muncul. Karena inti dari traveling tak lain tak bukan adalah mengunjungi suatu tempat yang menarik. Jadi tentu harus dipikirkan mau ke negara mana? Mau ke kota apa? Mau ke desa? Mau ke pantai? Mau ke gunung? Mau mengunjungi siapa? Mau mau mau mau mau!! Pokoknya semua mau kamu harus bisa diakomodasi di tempat tujuan traveling supaya kepuasan traveling kamu tentunya akan terpenuhi.

2. Tujuan traveling
Mau nyoba kuliner lokal? Mau mempelajari budaya lain? Mau belajar bahasa baru? Mau cari temen baru? Mau nambahin cap baru di passport? Mau adventure? Mau shopping? Mau dugem? Mau voluntary service? Mau sekolah? Mau bisnis? Mau lari dari kenyataan? Mau menyembuhkan patah hati? Terserah deh, yang penting apapun pilihan traveling kamu, pastikan kamu menikmati semua itu dengan sepenuh hati.

3. Gaya traveling: Solo vs Group
Pilihan gaya traveling biasanya ada relasinya dengan kepribadian kamu atau kebanyakan kepepet sama keadaan. Pengennya sih traveling bareng temen, tapi temen lagi bokek dan jadwal cuti ga disetujui sama boss yang mengakibatkan traveling bareng luluh lantak!! Akhirnya solo traveling menjadi pilihan.
Lucunya, ga semua orang nyaman traveling sendiri. Anehnya, ga semua orang juga nyaman traveling dalam rombongan besar. Ada juga yang hanya nyaman traveling dalam kelompok kecil. Tapi ada juga orang-orang tipe “loner” atau “hardcore traveler” yang ga pernah punya masalah walaupun harus traveling sendirian walau ke negeri antah berantah sekalipun. Traveling bersama sekelompok sahabat juga menyenangkan dan seru kok!

4.Tempat tinggal: Hostel vs Hotel
Beda huruf S ditengah aja ternyata bikin perbedaan antara hostel dan hotel menjadi sangat signifikan! Hostel diasosiasikan dengan tempat peristirahatan yang cukup nyaman dengan fasilitas terbatas tapi murah meriah. Hotel tentunya diasosiasikan dengan tempat peristirahatan yang penuh dengan kenyamanan tingkat tinggi, servis lengkap dan mahal.

5. Model Tas: Koper vs backpack
Hayooo, mau pake koper ato backpack? Ada yang bilang bawa koper lebih enak, karena ada rodanya jadi tinggal ditarik aja. Ga pake encok pegel linu! No no no, enakan bawa backpack, simple tinggal digendong di punggung aja! Well, sekali lagi model tas pun menjadi topik menarik saat membicarakan soal traveling. Walopun kamu mengaku seorang backpacker sejati, tapi masak dalam sebuah business trip kamu nekat mau bawa backpack? Ntar baju-baju kantor untuk meeting presentasi penting jadi kusut semua. Kalau backpack tentunya lebih praktis apalagi untuk perjalanan yang berpindah-pindah kota dalam kurun waktu yang cukup pendek. Jadi memilih model tas juga harus disesuaikan dengan kepentingan dan kenyamanan traveling kamu.

6. Maskapai penerbangan: Low Cost vs Full board
Jaman dulu memang full board airlines selalu menjadi pilihan utama saat traveling karena jangkaun rute-nya jauh lebih beragam. Tapi saat ini tidak sedikit nama-nama budget airlines (Low Cost) yang saat ini berkibar untuk menggelitik hasrat traveling kita. Jadi memilih maskapai penerbangan juga bukan hal yang memusingkan kok. Lagi-lagi, sesuaikan dengan budget.

7. Cara Traveling: Independet vs Tour Agent
Yang doyan traveling gaya backpacking sudah dipastikan lebih memilih cara independent. Milih tempat tinggal sendiri. Milih moda transportasi sendiri. Milih jalur traveling sendiri. Milih objek wisata yang mau dikunjungi sendiri. Milih ngurus budget sendiri. Pokoknya, ngurus apa-apa sendiri adalah model traveling independent. Kalau boleh dirangkum sih model traveler independent itu… doyan baca peta sendiri untuk mengeksplor suatu tempat dengan bantuan dari source yang terbatas dan senang tersesat!!
Sedangkan yang memilih gaya traveling dengan tour agent, kebanyakan adalah orang-orang yang ga suka ribet dan tentunya punya duit lebih (penting nih!). Karena suka dengan apa-apa yang serba simple, lebih memilih untuk tidak mengalami kerumitan dalam traveling. Enak kan, apa-apa udah diurusin dari A to Z. Dari keberangkatan sampe pulang. Ga pake bingung dan ga pake tersesat. Semuanya lantjar djadja dan aman sentosa. Oh Indahnya..

8. Biaya: Murah Meriah vs Mewah
Kalau emang ga mampu tinggal di hotel berbintang lima saat traveling, tinggal di hotel bintang kejora asal bersih dan aman juga bisa menjadi pilihan untuk yang budgetnya terbatas. Kalau biaya traveling tidak memungkinkan untuk menggunakan pesawat terbang, tetap ada pilihan bis ataupun kapal. Masalah biaya semua bisa diatur. Kalau tidak bisa traveling mewah, traveling murah meriah juga bisa jadi seru dan tetap memorable. Intinya, kalau udah masuk soal biaya, tentunya tergantung dengan keadaan financial masing-masing.

Perbedaan antara backpack dan koper bukanlah sebuah issue yang harus diperdebatkan. Perbedaan antara traveling independent dan ikutan tour agent juga bukan masalah keren-kerenan. Perbedaan hostel dan hotel juga bukan masalah gaya-gayaan. Inti traveling itu simple kok! Ga peduli gaya, cara dan budget karena semua itu tergantung dengan kebutuhan, keinginan dan kepentingan masing-masing. Jadi yang paling penting untk diingat adalah kita semua SHARING SATU PASSION YANG SAMA yaitu TRAVELING!

6 comments:

  1. Kalau saya,yang paling diinget dari serba-serbi traveling itu penyakit "Post Traveling syndrom".
    Baru bisa ilang selepas 2 minggu! *pasrah*

    ReplyDelete
  2. wuih... udah lama bgt ni blog ga di update. Yang punya nya sibuk travelling kyknya hihihiii....

    ReplyDelete
  3. Wuaa...asik juga tu travelling. Tapi apa ada kelompok yang setiap saat traveling. Jadi kita bisa ngikut. Tapi ada satu masalah nih buat diriku. Aku suka mabu kalau naik Bis, gimana caranya ya...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan naik bus kalo gitu. Gitu aja kok repot?

      Delete
  4. i love travelling..tapi belum berani travelling sendirian..takut diculik dan kendala bahasa kurang jago..englishku ambburadul hancur tenan..T_T

    ReplyDelete
  5. senangnya photo editan saya di pakai sukses yah bu !!!

    ReplyDelete