Tips

Thursday, August 11, 2011

Kalau Mau Travel..

#Tips dasar bagi para independent travelers. Layak disimak..

Kalau mau travel harus punya PASSPORT apalagi kalau mau jalan-jalan ke luar negeri. Walaupun ngurusnya penuh perjuangan karena antriannya ga manusiawi, tapi dokumen ini sangat penting untuk mewujudkan mimpi kamu melihat dunia.

Kalau mau travel harus punya UANG yang cukup untuk jalan-jalan. Ga penting ngumpulin duit sampe punya satu karung, yang penting sesuai dengan kebutuhan aja. Kalo budget cuman cukup buat backpacking doang, ya hayuk aja!

Kalau mau travel harus MAU RESEARCH. Sekarang HP canggih semua, model laptop pun beragam mulai dari yang beratnya 10 kg sampe yang cuman 5 gram dan akses wi-fi ada dimana-mana. Buku panduan traveling juga sudah banyak tersedia di toko buku dan harganya sangat terjangkau. Ga ada deh alasannya ga bisa buka internet ato males research kalo mau jalan-jalan. Itu hukumnya HARAM. Informasi Visa, tempat tinggal, transportasi dan banyak hal lain bisa diketahui kalau kita mau research.

Kalau mau travel harus punya KEBERANIAN UNTUK KELUAR DARI COMFORT ZONE karena fear get you nowhere! Jadi kalo mo jalan-jalan, harus punya nyali dan keberanian untuk explore the world.

Kalau mau travel harus punya KEMAUAN UNTUK BERTANYA karena malu bertanya sesat di jalan!!

Kalau mau travel harus TRUST YOUR INSTINCT. Kalo pikiran dan tubuh mulai bereaksi dengan penuh kecurigaan akan kemungkinan bahaya atau musibah, ambil waktu untuk berdiam diri dan pelajari lingkungan sekitar. Kalau emang harus kembali ke tempat kita berada sebelumnya, DO IT! Kalau rasanya harus segera melarikan diri dari kondisi yang tidak aman, DO IT!

Kalau mau travel harus berani SUSAH. Ngemper-ngemper semaleman di airport ga papa lah, demi pengiritan budget. Naek bus sebagai ganti naek pesawat bolehlah, itung-itung perjalanan lebih diwarnai dengan petualangan kan/

Kalau mau travel, pelajari dan HORMATI BUDAYA SETEMPAT. Jangan sampe hal-hal yang menurut komunitas setempat taboo atau sakral terus kita langgar. Kalau akibatnya kita diarak satu kampung karena melanggar budaya setempat, pasti malunya minta ampun!

Kalau mau travel harus punya TOLERANSI TINGGI. Kalo jadi backpacker dan tinggal di hostel yang menampung 14 orang dalam satu kamar, toleransi tinggi itu penting. Masak dikit-dikit mau ngambek kalo ada temen sekamar yang lupa matiin lampu pas keluar kamar? Masak mau bekep orang yang ngoroknya kenceng banget di tempat tidur sebelah sampe dia matek? Enggak kan?

Kalau mau travel harus NEKAT. Nekat nabung. Nekat beli tiket. Nekat pergi ke tempat yang asing buat kamu. Nekat makan makanan yang ga biasanya kamu makan. Nekat ketemu orang-orang baru yang ga pernah kamu kenal sebelumnya. Nekat belajar hal baru. Nekat melakukan banyak hal yang ga pernah dibayangin sebelumnya. Dan list kenekatan pun akan terus bertambah saat kalian mulai melakukan perjalanan.

Jadi, siapkan diri kamu untuk mulai berpetualang yah! Semoga tips-nya bermanfaat!

10 comments:

  1. tipsnya bermanfaat banget...thanks ya..

    ReplyDelete
  2. baik lah kakak... ma kasih tips nya yaaaah ^_^

    ReplyDelete
  3. Wah kakak hebat banget..... Aku kagum banget sama kakak *kabuuuurrr*

    Kak kapan kita travel bareng

    ReplyDelete
  4. woiiiiii duit loe kayanya gak abis2 dah keliling dunia mulu, buset jadwal tripnya dengan sangat cantiknya dah terpajang hingga desember, ngeheeeeeee.....


    gw mau ke eropa tahun depan, mohon pencerahaannya duongggg, secara pasport dan visa ajah gak punyaaaaa

    ReplyDelete
  5. WUOHH MANTAB! baiklah kakaaaa tips2mu akan kusimpan di hati dan kuingat2 selalu klo mw travelling! :* muachkasih ya

    ReplyDelete
  6. @budi: sama-sama bang! :D
    @mila: baik dedek, sama-sama! :D
    @cipu: kakak kejer lhooo... ketangkep awas lho!
    @fai: kau punya passport dulu lah baru ke eropa kawan :D
    @yudhi: haha, terpatri dalam hati :P sama-sama say!

    ReplyDelete
  7. Wuihh...ini mah pakemnya backpacker bener!!! Nggak salah dah, emang HARUS BEGITU! Okeh deh mbak, selamat mewujudkan impian traveling berikutnya.
    Salam kenal, aku jd follower nih ^-^

    ReplyDelete
  8. Salam kenal mbak, saya demen banget sama postingan mbak yang ini.. apalagi tips terakhir: NEKAT. Kalo cuma dibayangkan aja emang gak bakal kesampean ya mbak.. happy travelling! :)

    ReplyDelete
  9. . tips nya bermanfaat untuk saya
    . makasih iyya kak

    ReplyDelete