Tips

Thursday, January 8, 2009

Saigon Lautan Motor..

*Liputan dari Vietnam



Huh, siapa yang nyangka kalo ternyata jumlah motor di Saigon/Ho Chi Minh City bisa sampe jutaan!! Populasi kota tersebut 9 juta manusia dan pengendara motonya mencapai 6 juta! Duilee, kebayang ga sih betapa padat, ribet dam sembrawutnya lalu lintas di Saigon. Walopun udah terbiasa dengan keteledoran dan kesembronoan pengendara motor di Indonesia, saya tetep mengalami CULTURE SHOCK di negara tetangga! Belum lagi, orang-orang disana demen banget NGLAKSON! Duh, kebayang dong betapa ributnya jalanan dengan suara klakson jutaan motor itu??

Malam pertama saya di Saigon, saya diundang makan malam oleh seorang teman local bernama Trinh yang saya kenal ketika sedang berjalan-jalan seorang diri di Bun Vien Street. Dengan mengendarai motonya, kita melintasi padatnya jalur lalu lintas Saigon menuju Ben Than Market. Tips buat survive mengendarai motor disana adalah dengan SELALU MELANGGAR PERATURAN LALU LINTAS! Kalo patuh pada peraturan malah mati gaya boo..hahaha! Yang kudu dipatuhi hanya pas di perempatan lampu abang ijo! Selebihnya..asoy geboy dan harus fleksible!

Setelah makan malam, saya ditinggal sendiri oleh Trinh di area Ben Than market. Itu karena keinginan saya sendiri pengen liat-liat night market disana seperti apa lagipula hostel tempat saya menginap di daerah Pham Ngu Lao cuman walking distance. Sapa tau ada barang lucu yang bisa dibeli dan bisa sekalian uji kesaktian tawar-menawar. Pas udah waktunya pulang, saya cuman bisa TERNGANGA.. Ada jutaan motor yang mepet-mepet banget jaraknya berlalu lalang di sepanjang jalan sekitar Ben Than market dengan kecepatan lambat merayap disertai dengan bisingnya klakson-klakson ga jelas! Addduhhh, gimana saya mau nyebrang jalan?? Saya stuck di pinggir jalan..

10 menit kok belum langgeng juga ya jalanan.. akhirnya saya nekat nyebrang jalan. Walopun kayaknya saya dicaci maki sama pengendara motor, tapi saya cuek beibeh..toh saya ga ngerti juga mereka ngomong apaan! Hehe.

Ketika saya sudah berada di tengah jalan ditengah-tengah ribuan motor itu……mendadak semua pengendara motor pada ga mau ngalah dan ga ngasih saya lewat.. saya TERJEBAK DI LAUTAN MOTOR!! Maju kena mundur kena kayak pelem DKI warkop! Toolloongg!! Rasanya pengen nangis.. kebayang ga sih saya berada ditengah jalan seorang diri dan ada ribuan motor lalu lalang di sekitaran saya??..

Untungnya penderitaan itu segera berakhir! Mungkin karena akhirnya banyak pengendara motor yang kasian liat saya stuck di tengah jalan. Akhirnya beberapa motor mulai mengurangi kecepatan dan membiarkan saya menyebrang jalan dengan selamat dan sentausa!

Karena pengalaman terjebak tersebut, saya jadi tau tips yang manjur buat nyebrang jalan di Saigon. Caranya dengan menutup mata anda dan melengganglah di jalanan tersebut tanpa merasa bersalah! Karena..kalo kita cuek beibeh dan tidak melihat ataupun ga mau tau dengan para pengendara motor itu, mereka malah keder dan berhati-hati. Tapi kalo kita sopan-sopan dan takut-takut..malah ga dikasih jalan! Ini tips manjur nih! Bisa dibuktikan sendiri kalo kalian jalan-jalan ke Saigon :)

Lanjut yuukk...

Wednesday, January 7, 2009

Segelintir foto dari Singapore..

Sebenarnya bukannya saya ga pengen menampilkan foto-foto Singapore. Tapi menurut saya, Singapore hanyalah sebuah CONCRETE JUNGLE! Haha. Mudah-mudahan saya tidak menyingung siapa-siapa atas STATEMENT ini. Karena sebenarnya temen saya Karen dan Jani yang ASELI orang Singapore yang membuat statement tersebut. Cuman atas permintaan khayalak ramai, maka saya sisipkan sedikit jepretan foto kota Singapore :) Selamat menikmati jepretan amatiran saya ini. Haha!


Merlion Esplanade

Singapore Flyer

A random picture somewhere around Esplanade park

Lanjut yuukk...

Tuesday, January 6, 2009

Orang Lanjut Usia, Orang Cacat dan Ibu Hamil..

*Liputan dari Singapore

Yah, yang namanya jadi backpacker (baca: turis gembel) saya cuman punya pilihan untuk traveling murah meriah dengan menggunakan jasa Budget Airlines. Haha! Perhentian pertama saya sebelum mencapai Ho Chi Minh City (dahulu disebut Saigon) adalah Singapore. Dengan alasan untuk mendapatkan harga tiket murah meriah, saya terpaksa harus tinggal sehari semalam di Singapore. Untungnya, ada seorang teman baik bernama Jani yang menawarkan saya untuk tinggal di apartmentnya! Lumayan, bisa irit dikit.

Sehari sebelum keberangkatan, Jani mengirimkan informasi bus dari Airport menuju apartment-nya secara detail. Walopun belum pernah naek bus di Singapore, saya sok-sok pede! Hehe. Setelah tanya sana-sini mengenai harga ticket bus dan gimana cara pembayarannya, saya turun menuju ke Bus Stop di bawah Changi Airport. Ga berapa lama, bus yang harus saya naiki pun dateng. Kebetulan antrian bus-nya lumayan panjang, jadi saya rada terakhir masuknya dan saya masih harus membereskan urusan saya dengan pak supir kalo saya butuh tiket. Pas saya dapetin tiket saya, bus-nya udah mulai jalan. Badan saya udah mulai oleng ke kanan dan ke kiri berhubung backpack saya lumayan besar! Jadi buru-buru saya berjalan dan menduduki kursi terdekat.

Feeling saya ketika duduk disitu agak aneh. Karena saya cuman liat engkoh-engkoh tua di area tempat duduk saya. Waahhh, ini pasti ada yang salah nih!! Akhirnya saya liat-liat sekitar bus. Dan ternyata BENAR sodara-sodara! Di salah satu jendela bus ada sebuah sticker dengan ukuran lumayan GEDE tertulis:

“TEMPAT DUDUK BERWARNA HIJAU HANYA DITUJUKAN UNTUK ORANG LANJUT USIA, ORANG CACAT DAN IBU HAMIL”

Dooeeennnggg!!! Lemes deh saya! Gimana mo ngecengin cowo-cowo keren diseberang tempat duduk sana kalo mereka mikir saya orang cacat ato ibu hamil kali ya? Hahahaha!
Akhirnya, waktu bus-nya stop di pemberhentian pertama..saya langsung ngibrit dan pindah tempat duduk yang ditujukan for those people who are YOUNG, COOL and BUBBLY just like me! Haha!

Lanjut yuukk...

Monday, January 5, 2009

I'm back!

Hii…

Saya sudah pulang kembali ke negeri kita tercinta! Pengalaman saya menjadi BOLANG di negeri orang selama 16 hari sangat berkesan dan menyenangkan! Selain berkunjung ke tempat-tempat bersejarah, mencoba makanan lokal, mencoba hal-hal baru, berkenalan dengan sesama fellow travelers dan masih banyak lagi.. yang terpenting dari trip ini adalah saya belajar untuk selalu bersyukur atas betapa layak dan cukupnya berkat yang sudah Tuhan berikan buat saya :)

Saya sudah ga sabar pengen berbagi cerita dan pengalaman! Saya punya segudang cerita asik! Tapi it has to wait ya teman-teman! Saya masih ditodong sama boss tercinta buat ngerjain performance appraisal nih! Haha! Doain mudah-mudahan bisa dapet promosi dan naek gaji biar tahun ini saya bisa menjelajah Eastern part of Indonesia!

Lhoo..tuh kan! Emang penyakit tau ga sih! Kalo abis traveling emang ga bisa berenti! Hahaha! Yuukk..disambung besok yaa..

Lanjut yuukk...