Tips

Tuesday, September 29, 2009

Berlayar menuju Siam Reap..


*Liputan dari Cambodia


Jam 6 TENG dengan sangat tidak sopan alarm saya berbunyi kenceng banget! Walopun hati setengah kesel tapi saya kegirangan juga mengingat pagi itu saya akan melanjutkan perjalanan ke Siem Reap naek kapal!!!

Memang ada dua alternative alat transportasi ke Siem Reap dari Phnom Phen maupun sebaliknya. Bisa naek bus atau kapal. Hari itu saya memutuskan untuk naek kapal walopun harganya jauh lebih mahal dari bus. Bukan sok kaya, tapi saya pengen ngerasain traveling dengan berbagai macam alternative alat transportasi biar pengalaman traveling saya makin seru. Kalo seandainya bisa naek kuda ke Siem Reap, pasti saya jabanin!! Haha!

Saya sampe di pelabuhan setengah jam sebelum kapal diberangkatkan. Saya langsung menuju dek belakang tempat dimana semua barang bawaan disimpan. Setelah itu saya masuk ke kapal. Kapalnya cukup besar dan tiap sisinya ada 3 tempat duduk. Saya menuju tempat duduk saya yang letaknya di deket jendela. Sambil nunggu waktu, saya perhatiin orang-orang yang pada mulai dateng. Saya liat ada dua cowok bule dateng pake jaket gunung yang tebelll banget! Saya ketawa ngakak sendiri! “Doh, heboh banget sih mas..emang mo kemana?? Mau maen salju di Cambodia? Salah kostum banget sih mas!!”

Menurut rekomendasi dari seorang temen baik yang pernah melakukan perjalanan ke Siem Reap naek speed boat, saya diingatkan untuk TIDAK DUDUK DI DALAM KAPAL. Tempat duduk paling strategis untuk menikmati pemandangan dan potret memotret berada di atap kapal. Jadi waktu pak nahkoda membunyikan lonceng tanda keberangkatan, saya beranjak dari tempat duduk, keluar kapal menuju atap kapal.

Doh, mo menuju kesana aja penuh perjuangan! Cuman ada sisa space sebesar setapak kaki di sisi kapal dan ga ada pegangan sama sekali! Tangga mo naek ke atap kapal juga ga ada. Kalo kecebur bukan hanya MALU tapi udah pasti ditinggal terlantar di tengah sungai! DOUBLE kan MALUnya? Jadi semua orang pada lompat jumpalitan sekuat tenaga dan super hati-hati untuk mencapai atap kapal. Perjuangan berat kami semua ga sia-sia. Pemandangan yang disuguhkan di kedua sisi sungai bener-bener indah..

Aktifitas para penduduk lokal sebagai petani dan nelayan bisa diliat dalam jarak deket. Jejeran rumah panggung disisi sungai menambah kesan kesederhanaan orang-orang Cambodia. Belum lagi kuil-kuil Buddha yang bisa diliat di beberapa daerah, juga hamparan sawah hijau membuat perjalanan di kapal jadi lebih menyenangkan.

Saya ga pernah nyangka kalo di bulan Desember adalah musim monsoon di Cambodia, jadi suhu udara bisa berubah drastis dari super hangat mendadak super dingin. Dan itulah yang terjadi di tengah perjalanan. 2 jam pertama menikmati keindahan Cambodia, matahari mendadak menghilang di balik awan dan suhu udara turun jadi diiinngggiiinnnn sekali!! Dengan persiapan yang sangat minim, saya cuman punya jaket tipis setipis kulit lumpia!! Brrr, SAYA KEDINGINAN. Tampaknya penumpang yang laen udah siap sedia dengan jaket tebel, terutama dua mas-mas yang saya ketawain tadi pagi. SAYA KUWALAT sodara-sodara!! Wekekekeke!

Karena ga kuat kedinginnan, akhirnya saya harus rela lengser dan masuk lagi ke dalam kapal. Bengong dan mati gaya di dalam kapal, saya malah ketiduran. Waktu saya bangun, saya langsung keluar menuju dek kapal. Ternyata pas banget karena kapal sedang menyusuri the famous floating village of Chong Kneas yang berada di danau Tonle Sap. Hutan bakau ada di kedua sisi danau dan banyak rumah apung di sekitar area. Anak-anak kecil pada berenang di air danau yang kecoklat-coklatan sambil melambaikan tangan ke arah kapal. Kita pun dengan norak-norak bergembira membalas lambaian tangan mereka! Ga lama setelah itu, kami merapat di pelabuhan Phnom Krom.

Setelah ngambil backpack, saya langsung melompat ke daratan. Jejeran abang ojek sama abang tuk-tuk udah ada dimana-mana. Setelah tawar-menawar dengan tukang ojek, akhirnya saya bayar $1 untuk diantar ke jantung kota Siem Reap yang letaknya kurang lebih 20 menit dari pelabuhan. Ojek meluncur lancar jaya menyusuri beberapa daerah pedesaan mengantar saya ke backpacker area.

Saya ga nyesel bayar mahal berlayar ke Siem Reap karena itu semua adalah awal mula kegembiraan dan keceriaan petualangan saya. 5 hari liburan saya di Cambodia merupakan sebuah pengalaman indah yang membukakan mata saya untuk menikmati keindahan bangunan bersejarah, mempelajari sebagian kecil sejarah tragis cambodia dan kebahagiaan untuk berbagi dengan mereka yang membutuhkan kasih sayang..







15 comments:

  1. habis ke kamboja kemana lagi ya kira2?

    ReplyDelete
  2. menyenangkan jalan2nya... kapan2 sayah mbok yo o' di ajak dunk, jadi ingin jalan2 kek gitu :D seruuuw

    ReplyDelete
  3. mba retri cuayang
    ko potonya ngirit banget seeh, eike kan jadi penasaran sama floating villagenya

    hiks kurang nih oleh2 gambarnya
    mana lagi mana lagi mana lagi???

    ReplyDelete
  4. btw orang2 yang lagi tiduran di atas kapal kaya ikan pindang lagi di jemur ya, kekekeke... kamu yang mana mbae?

    ReplyDelete
  5. nengnong...ini naik kapalnya berapa lama and harga berapa? hehehe teuteup..secara mau kesana kudu info harga and lama perjalanan dongs....lanjutttttttttt

    ReplyDelete
  6. hmm..... senang banget...... pengeeen......
    kapan jalan2 ke Riau??? aku tunggu yah....
    salam akrab dari Blogger Bertuah (Komunitas Blogger Pekanbaru)
    Mari Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang
    Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang

    ReplyDelete
  7. kemana lg nih selanjutnya mbak?? hehe...ikuuuttt.. :)

    ReplyDelete
  8. ENVY MODE: ON

    Another nice story from you... Makanya Non, jangan suka ngetawain orang lain... kedinginan sendiri kan??Hehehe

    BTW, ritual busway kita kok gak jadi jadi yah ....

    ReplyDelete
  9. asiknya Ret...kamu jln2 mulu apa ga kerja. ih pengeeeeeeeen. ikutlaaaaah..

    ReplyDelete
  10. aku tunggu yah main ke siniiiii....sama siska jugaaaaa

    ReplyDelete
  11. itu sungai yang sama dengan sungai yg di bangkok dangerous ga? eh, itu di thailand ya? salah.. he3..

    ReplyDelete
  12. ret, seharusnya di akhir stiap posting ditulis : baca posting selanjutnya hasil reportase di... :) bikin ngiler aja..

    ReplyDelete
  13. Pengen jitak loe pakai high heels deh, traveling mulu. Loe punya pohon duit ya di rumah. Arghhhhhh......

    ReplyDelete
  14. waaa..udah lama ga konek,,tau2nya udah ke pnom penh aje ni ??

    *mupeng detected*

    gimana kalo kpn2 aku traktir es cendol tapi balesannya ajak ke mesir ?? hahahaha...

    how its going sist ???

    ReplyDelete
  15. halo,
    selamat saya ucapkan karena blog anda menjadi salah satu nominator xl blog award Pesta Blogger 2009. Namun saya tak bisa menemukan alamat email Anda karena kemungkinan blog ini direkomendasikan oleh orang lain saat ikut lomba.

    panitia berharap Anda memasang banner Nominator dan banner sponsor di blog Anda. petunjuknya bisa saya kirim via email nanti

    terima kasih

    yati

    ReplyDelete