Tips

Tuesday, July 14, 2009

Frustrasi ditolak!

*liputan perjuangan perjalanan antara Singapore, Manila dan Guam
Tulisan ini tidak bermaksud untuk mendiskreditkan pihak manapun. Saya ga mau dipenjara…



Stress, pengen marah, sebel, gondok, keki, pengen maki-maki orang merupakan luapan perasaan yang saya alami ketika DITOLAK terbang oleh Philippine Airlines! Whattzzz, kenapa bisa ditolak sih??

Ceritanya berawal ketika seorang teman baik yang berada di Guam, USA mengundang saya berkunjung kesana untuk BERLIBUR. Dengan iming-iming bahwa semua ongkos perjalanan dan akomodasi akan ditanggung 100%, serta merta saya kegirangan TIDAK MENOLAKnya! Lagian siapa juga sih yang bakal nolak liburan gratis??..

Saya segera melalukan sepak terjang mencari ticket yang murah meriah dari Philippine Airlines (‘PR’) beserta informasi dokumen perjalanan penting yang diperlukan untuk mengunjungi Guam. Saya norak-norak bergembira waktu tahu bahwa pergi ke Guam ga butuh US VISA dengan syarat waktu berkunjung di bawah 15 hari! HOREE!

Perjalanan saya sempet terancam batal karena untuk mengunjungi daerah teritori US harus pake “machine readable passport”. Sedihnya passport saya masih model lama yang ga ada barcode di bawahnya. Hiks..
Setelah berkonsultasi dan dapet penjelasan dari Guam Immigration Bureau melalui telepon, saya diperbolehkan berkunjung dengan model passport saya yang lama karena peraturan Guam ga seketat kalo mo berkunjung ke US mainland. Jadi setelah masalah VISA dan Passport beres, saya langsung membeli tiket pesawat.

Hari yang dinanti pun tiba. Perjalanan saya hari itu akan cukup panjang dan melelahkan. Rencana penerbangan dimulai dari Indonesia – Singapore – Manila – Guam dengan total jam terbang 10 jam. Baru sampe di Singapore, masalah langsung muncul waktu saya check in di counter PR, Changi Airport. Saya harus berhadapan dengan officer PR yang sengak dan ga sopan abis! Dia ngotot kalo orang Indonesia harus pake US Visa untuk berkunjung ke Guam. Awalnya saya masih baik-baik menjelaskan ke dia kalo Indonesia dapet Visa Exemption untuk berkunjung ke Guam. Eehh, dia malah tambah belagu! Dasar officer tolol, harusnya issue kayak begini airline officer lebih tau dong dari passenger! Dia ngotot ga bolehin saya terbang, sebelum saya bisa nunjukkin US Visa. Saya langsung naek darah! Untungnya ada officer lain yang baik dan menengahi kami berdua yang udah berantem kayak kucing anjing. Beliau bilang kalo officers di Manila bakal lebih tau mengenai masalah ini, jadi saya dibolehin terbang sampe Manila.

DOOHHH, frustrasi dah saya di pesawat. Makan ga enak, tidur pun ga tenang. Hihi, dangdut abis! Perjalanan 4 jam rasanya jadi 10 jam karena deg-deg-an takut kalo bakal ngalamin hal yang sama di Manila. Segera setelah pesawat mendarat di Manila saya langsung meluncur ke transfer desk PR. Untungnya officers yang berwujud dua mas-mas yang baik hati langsung tau kalo Indonesia dapet Visa Exemption untuk ke Guam. Lega banget rasanya! Saya langsung menuju ruang tunggu setelah boarding pass saya terima. Tapi sebelum menuju ruang tunggu, ternyata saya masih harus berhadapan dengan seorang security officer.

Waktu officer ini melihat passport saya, dia langsung bilang “Your passport is not machine readable, I don’t think we can let you board the plane.” WHAT THE HECK! Not another drama please. I really can’t afford it this time..

Saya langsung digeret dan dikawal security bak seorang kriminal ke ruangan para petinggi PR. Mereka keliatan kelimpungan dan kelabakan. Kitab-kitab mahabarata maupun buku-buku wangsit pada dibaca dan sebagian officer pada sibuk nelpon kebingungan. Sumpah BT banget! Bukannya orang-orang ini harusnya tau peraturan yang berlaku?!? Setelah beberapa saat nunggu, salah satu dari mereka bilang ama saya “Sorry, you can’t board the plane. The consular told us you must have a machine readable passport.” Saya coba bicara dan ngejelasin kalo saya sudah dapet approval dari Guam Immigration Officer, tapi beliau ga mau denger. Dia malah langsung bilang “We will send you back to Singapore on our next flight which is 45 minutes from now. Kindly proceed to the transfer desk.”

Saya langsung bilang “Sir, I have my return ticket to Singapore next week. I can walk freely in the Philippines until next week. Don’t you dare send me home right now!”

DOOHH…stress banget kenapa harus deal sama officer-officer tolol kayak begini. Ga berapa lama telpon saya berdering, dan ternyata temen baik saya dari Guam menelpon. Dia hanya bilang. “I have made a back up reservation for you with Continental Airlines. Go to the next terminal, the flight is leaving in 3 hours. You have ample time to catch it.”

Lemah lunglai saya balik ke transfer desk untuk ngembaliin boarding pass. Saya sempet bilang ke mas-mas yang baik ini kalo saya ga dibolehin terbang. Mereka ikut bersedih dan nyoba membantu dengan mengirimkan telefax ke Guam. Tapi berita yang saya denger tetep sama, kalo saya ga bisa visit Guam tanpa machine readable passport. Saya cuman bilang makasih dan ngasih tau mereka kalo saya mau ke terminal 1 dimana Continental Airlines (“CO”) berlokasi karena temen saya udah buat back up reservation. Mereka hanya mengingatkan kalo mungkin saya akan ngalamin masalah yang sama. Kemungkinan saya tetep ga boleh terbang selalu ada. Aduuh, rasanya lemes banget! Tenaga saya udah abis. Tapi saya pikir ini kesempatan terakhir. Harus dicoba, kalo enggak dicoba mungkin saya bakal nyesel seumur hidup.

Saya naik taxi ke terminal 1 dan langsung menuju kantor CO. Herannya sampe disana saya hanya diminta kode booking dan mereka langsung proses ticket saya. Lumayan takjub dengan service mereka yang ga nanya embel-embel VISA dan machine readable passport. Karena penasaran akhirnya saya cerita sama mereka mengenai kisah sedih, derita dan nestapa yang harus saya alami dengan PR. Jadi saya minta mereka make sure kalo saya ga bakalan bermasalah waktu sampe di Guam. Akhirnya passport saya di fax ke Guam Immigration Bureau. Hanya dalam waktu 5 menit mereka langsung dapet konfirmasi. Sambil senyum mereka ngasih passport sama ticket saya dan bilang “Miss, you don’t have to worry about your visa and your passport. You are good to go”

Detik itu juga rasanya saya pengen KAMEHA-MEHA officer-officer PR yang super DONg-DONg itu!!!

Saya masuk ruang tunggu dengan ceria walopun sedikit grogi dengan semua kejadian yang barusan saya alami dalam sehari ini. Tepat pukul jam 11 malem pesawat take off dan 5 jam penerbangan saya habiskan dengan tidur. Sesampainya di Guam saya masih rada deg-deg-an takut bermasalah lagi dengan immigration officer. Bisa aja kan waktu liap passport saya yang tanpa barcode itu saya langsung dipulangin ke Manila?

Saya kasih passport saya ketika berdiri di depan immigration window. Beliau liat passport saya dan langsung senyum sumringah bilang “Oh, you are Indonesian. SELAMAT DATANG.”

Sembari ngecek dan ngecap-in passport saya, dia nyerocos pake bahasa Indonesia yang patah-patah, sampe saya cekikikan berusaha ngebenerin kata-kata yang tepat untuk digunakan. Beliau mengucapkan “TERIMA KASIH” waktu ngembaliin passport saya. Saya jawab “SAMA-SAMA” dan melenggang pergi meninggalkan area kedatangan.

HOOAAAHH, what a journey! Saya bener-bener ga nyangka kalo saya harus ngalamin berbagai kesusahan dan kesulitan berantem dan argue sana-sini dealing sama orang-orang ga jelas sepanjang perjalanan sampe stress berat.. and at the end of the day waktu saya sampe Guam, saya disambut dengan seorang Guamanian yang ramah yang bisa ngomong bahasa Indonesia tanpa memperdulikan passport saya model jaman jebot ato enggak..

Traveling oh traveling.. kesulitannya berbanding lurus dengan kejutannya yang tak terduga!






24 comments:

  1. walopun di tolak, selalu ada hikmah di balik 'penolakan' itu kan??

    ReplyDelete
  2. wow...
    pasti tegang bgt tuuh ampe digeret2 gitu ya sama petugasnya...
    tapi asik bgt Ret....
    jadi kapan kita ke Macao bareng liat venetian hotel? hohohoho....

    ReplyDelete
  3. btw napa gk skalian waktu itu di kamehameha aja hahahahahah....

    ReplyDelete
  4. Retri, lo kok beruntung banget sih ada yang mau bayaRIN tiket sama akomodasi. Waduh pengen banget nih bisa seperti itu. Wakakakak

    Sepertinya, sebelum berangkat untuk travel selanjutnya, Retri harus makin memperdalam ilmu kamehameha nya deh. In case, the same case happens again :p

    ReplyDelete
  5. @t.e.3.k.4:
    selalu ada hikmah dibalik semua kesulitan..
    cieee, sok dewasa banget dah!

    @Linda:
    Tegang, BT, lemah lunglai pastinya neng!
    Saking lemesnya ga bisa kameha-meha ditempat! hahaha!
    Haayyuuu, kita liat hotel itu bareng-bareng!

    @Cipu:
    Cipu, gw emang udah mo rencana ke Banten memperdalam ilmu Kameha-meha gw! haha! JOKING!

    Hihi, iya emang gw beruntung banget punya temen2 baik yang mo bayarin gw berLIBUR!

    ReplyDelete
  6. asyik gila!
    Jadi inget jaman masih muda belia dulu, passport gw pernah kena cap S1 alias ditolak masuk S'pore hehehe... sedih rasanya dikira TKI mau nyari kerja di sono.

    pengalaman hidup jeng....

    ReplyDelete
  7. hwaaaa...pengen ikuuuuuttttt....

    kalo ke pattaya ajak2 ya sist...
    hehhehehe...
    bdw ganti templet ni ?? seger amat...hhee...

    ReplyDelete
  8. bannernya cantik banget love it. kapan2 kita chating lagi yah non. any way loe mau ngejualin baju2 muslim untuk cowok buatan gue gak? kok hpnya gak aktif yah? ganti nomer bu?

    ReplyDelete
  9. @Xitalho:
    aduh kok sedih banget ditolak masuk S'pore! haha, beneran deh ya tapinya..pengalaman hidup! ga mungkin dilupakan sepanjang umur :)

    @nguknguks:
    hihi, next time gw mo backpacking gw woro-woro deh! aih, gw udah pernah ke Pattaya atuh! Mendingan ke Krabi dan sekitarnya aja kali, lebih bagus!

    @faizz:
    makasih ya Izz! bannernya cantik secantik pemiliknya dong! Bwahaha, pengen nampol ga??

    Wah, bener2 perlu chatting kita kalo mo ngomongin bisnis! hihi. Hp gw baterenya mati aja belum sempet di charge! hehe. ga ganti nomer kok, masih yang sama..

    ReplyDelete
  10. itulah indahnya kenang2an dari liburan.. biar ada cerita buat anak cucu kita ntar mbak... hihi..


    baidewai,, ntar mau kemana lagi nih habis dari GUAM?

    ReplyDelete
  11. Mantap..akhirnya yg menyenangkan...harusnya jugulnya jgn frustasi donk...he.e.e.

    ReplyDelete
  12. wah, liburan mulu nih..ikutan donk hehe...

    ReplyDelete
  13. wokeehhh...
    ntar lw pasang banner khusus ya di blog lw ini..

    krabi ya ?? blon pernah denger tp patut dicoba juga...*ada bom-nya ga tapi ?? wkwkwk

    ReplyDelete
  14. pasti waktu itu tampang mu serem banget ya Ret. hahahha..
    tapi tetep aja pengalaman seru kan.

    ReplyDelete
  15. kayaknya bukan gara2 pasport lu deh..tapi mungkin tampang lu mencurigakan...wkwkwkwkwk..becanda..
    orang di guam lebih baik dibandingkan yg di sing dan manila ya..
    trus cerita traveling pas di guam-nya mana? posting ya..

    ReplyDelete
  16. Salam kenal, mantap kisah perjalanannya ...

    ReplyDelete
  17. @Neng Aia: Bener banget lu say.. ini emang cerita buat anak cucu :)
    Dari Guam kemaren udah ke Laos.. Mungkin next destination ke Myanmar say :)

    @Teddy Rumengan: Salam kenal! Makasih udah mampir ke blog aku :) Hihihi, biar dramatis dikit makanya frustrasi :P

    @isti: yuukk ikutan yuukk mbak...

    @nguksnguks: nanti gw pasang banner gede2 dah kalo mo ke krabi! Hahaha!

    @nie: bwahaha, serem kayak garong tampang gw neng!! hahaha! iya sih, serem2 mendebarkan bikin gondok tapi happy..campur2 lah!

    @budiawan hutasoit: bener, orang di guam lebih ramah dibanding Singapore! Tenang, nanti diceritain jalan2 di Guamnya!

    @Anonymous: Thanks :) You made this banner that's why it looks good :D

    @Pakwo: Salam kenal juga! Makasih udah maen2 ke blog aku dan baca ceritanya :)

    ReplyDelete
  18. asik bgt nih travelling nya.

    tp peristiwa gitu jd bikin tambah seru hahahaa..

    ReplyDelete
  19. ahhh ampir aja ketinggalan cerita,
    ehm mbak klo boleh saran para officer T**** ntu selain dikasi kamehame, dikasi jurus tendangan seribu bayangan juga dong biar kapok ngeribetin orang indonesia

    fuh.. berasa diskriminasi bgt ya *ikut GERAM*

    ternyata mw gratis aja susah mesti ngasi pengorbanan dulu, untung gratis gimana coba klo bayar pasti dilangsung dihajar pake tinju geledek, wakakaka :D

    selamat berliburrrr *eh udah ya :)*

    ReplyDelete
  20. wah.. jadi was was ke sono.. hehe..

    ReplyDelete
  21. Sayang banget, mulai November 2009 Indonesia sdh di-removed dari visa-waiver program. Yang berarti sekarang ini kalau kita mau ke Guam, kita harus apply Visa. http://www.visitguam.org/Runtime/VisaRequirements.aspx

    ReplyDelete
  22. Guam skrg pake visa, pdhl tiket keburu kebeli :'(

    ReplyDelete